Lirik Madinatul Ilm - Cinta Rasul (Haddad Alwi, Sulis)
أنا مدينة العلم وعليٌ بابها
فمن اراد المدينة فليأتها من بابها
هذا حديثٌ قاله محمدُ
جاء به وهو حديثٌ مسندُ
في حق من بذكره نرددُ
فهو عليٌ في العلا مؤيدُ
للمرتضى كرامات
والعُلا جبابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
كونوا معي يا باب علم المصطفى
أنت العلي في المعالي وكفى
يا كعبة المتقين
شُرِفت أثوابها
ومن يروم المعالي
فلياتها من بابها
يا لبَّة التوحيد يا عين الهدى
وحجة لمن اناب واهتدى
بك اقتديت والحبيب المقتدى
لولاك غصن العدل ما بقى الندى
يا باب علم الرسول
أُسِست أعتابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
خير ابن عم أنت يا أخا النبي
ياغاية تُفدى بأمي وأبي
ياحجة الله وياخير ولي
وُرِثّت من كفيلٍ و موئلِ
يا موئلاً بك الكروب تنجلي
وفيك جاءت لا فتى إلا علي
يا سابق السابقين
شهدت أصحابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
Terj.
Ana Madinatul Ilmi (aku kota ilmu)
Ana madînatul ilm wa ‘aliyyun bâbuhâ
faman arâdal madînah fal ya’tihâ min bâbihâ
Akulah kota ilmu dan Ali adalah pintunya
Siapa yang ingin mendapatkan ilmuku, maka datanglah dari pintunya
Hadzâ hadîtsun qâlahu Muhammadun
jâa bihi wa huwa hadîtsun musnadu
Itulah hadis yang disabdakan Muhammad Rasulullah saw dengan sanad yang kuat
Fî haqqi man bidzikrihi nuraddidu
fa huwa ‘aliyyun bil’ulâ muayyadu
Adalah kebenaran bagi kita untuk selalu mengingatnya
Itulah Ali yang mulia dan dimuliakan Allah
Lilmurtadhâ karâmât wal ‘ulâ jilbâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Bagi Ali Al-Murtadha terhimpun berbagai keutamaan, keagungan
senantiasa meliputinya
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
kûnû ma’î yâ bâba ‘ilmil mushthafâ
antal ‘aliyyu fil ma’âlî wa kafâ
Sudilah bersama kami wahai “Pintu ilmu Rasul”
Engkaulah Ali yang sejati dalam ketinggian dan keagungan
Yâ ka’batal muttaqîn syurrifat atswâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
wahai penunjuk arah para muttaqin
yang mensucikan semua yang melekat pada dirinya
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
yâ labbatat tawhîdi yâ ‘aynal hudâ
wa hujjatun liman anâba wahtadâ
Wahai pemegang tauhid sejati wahai penunjuk jalan yang nyata
Engkaulah tempat kembali para perindu kebenaran
Bikaqtadaytu wal habîbul muqtadâ
lawlâka ghushnul ‘adli mâbaqân nadâ
Aku menteladanimu sebagaimana engkau dengan teguh menteladani Rasulullah saw
Sekiranya bukan karena engkau, suara keadilan takkan kekal terdengar
Yâ bâba ‘ilmil rasûl ussisat a’tâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Wahai Pintu ilmu Rasul semakin kokohlah pintu itu
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
khayrubnu ‘ammin yâ akhan nabi
yâ ghâyatan tubdâ biummî wa abî
Wahai Ali, sungguh telah ditetapkan engkau saudara Rasul, putera paman Nabi,
yang dilahirkan dari ayah dan ibu yang mulia
yâ hujjatallâhi wa yâ khayra wali
wuridta min kahfin lana wa mauili
Wahai Hujjatullah, engkau sebaik-baik wali
Kehadirannmu telah melindungi kami
Yâ mauilan bikal kurûbu tanjali
wa fîka jâat lâ fatâ illâ ‘ali
Wahai Sang Penyelamat bersamamu sirnahlah segala bencana
Atasmulah Rasulullah bersabda “La fatâ illa Ali” (tiada pemuda kecuali Ali)
Yâ sâbiqas sâbiqîn syahidat ashhâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Wahai Ali, penghulu sejati begitulah para sahabatnya yang setia telah bersaksi.
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
Hadis Madinatul Ilmi
Hadis Madinatul Ilmi salah satunya diriwayatkan oleh Al Hakim dalam Kitab Al Mustadrak Ash Shahihain jilid III hal 126 Kitab Ma’rifatus Shahabah Bab Manaqib Ali hadis no 4637, 4638 dan 4639. Berikut adalah salah satunya
حدثنا أبو العباس محمد بن يعقوب ثنا محمد بن عبد الرحيم الهروي بالرملة ثنا أبو الصلت عبد السلام بن صالح ثنا أبو معاوية عن الأعمش عن مجاهد عن بن عباس رضى الله تعالى عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أنا مدينة العلم وعلي بابها فمن أراد المدينة فليأت الباب
Telah mengabarkan kepada kami Abu Abbas Muhammad bin Ya’qub yang mendengar dari Muhammad bin Abdurrahiim Al Harawi yang mendengar dari Abu Shult Abdus Salam bin Shalih yang mendengar dari Abu Muawiyah dari ’Amasy dari Mujahid dari Ibnu Abbas RA yang berkata Rasulullah SAW bersabda Aku adalah Kota Ilmu dan Ali adalah pintunya, barangsiapa yang ingin memasuki kota hendaklah melalui pintunya.
Hadis ini menjadi perselisihan di kalangan Ulama hadis. Sebagiannya menyatakan shahih, sebagian lagi menyatakan hasan dan sebagian menyatakan dhaif bahkan maudhu’. Oleh karena itu kami akan membahas secara ringkas tentang kedudukan hadis ini dan menyatakan apa pandangan kami perihal hadis ini.
Hadis Madinatul Ilmi Shahih
Salah seorang Ustadz menyatakan bahwa hanya Al Hakim yang menyatakan hadis ini Shahih. Pernyataan ini keliru karena ada cukup banyak ulama yang telah menshahihkan hadis ini seperti yang dapat anda lihat dalam tulisan saudara ini. Kami hanya akan mengutip sebagian Ulama yang kami ketahui yaitu Al Hakim, Yahya bin Main, Ibnu Jarir Ath Thabari, Muttaqi Al Hindi dan Hafidz Ahmad bin Shiddiq Al Maghribi.
.
Al Hakim
Berkata Al Hakim dalam Kitab Al Mustadrak jilid III hal 126 Kitab Ma’rifatus Shahabah Bab Manaqib Ali hadis no 4637
حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه وأبو الصلت ثقة مأمون
Hadis dengan sanad Shahih yang diriwayatkan oleh Abu Shult seorang Tsiqat dan Ma’mun.
.
Yahya bin Main
Hadis ini dishahihkan oleh Ibnu Main sebagaimana dikutip Al Khatib dalam Tarikh Baghdad jilid 11 hal 49, Tahdzib At Tahdzib Ibnu Hajar jilid 6 hal 321-322 no 619 juga dikutip oleh Ibnu Zakky Al Mizzi dalam Tahdzib Al Kamal jilid 18 hal 77 no 3421. Berikut kami kutip dari kitab Tahdzib Al Kamal
سألت يحيى بن معين عن هذا الحديث ، فقال : هو صحيح.
Yahya bin Main tentang hadis ini berkata “Shahih”.
.
Ibnu Jarir Ath Thabari
Dalam kitab Tahdzib Al Atsar hal 104 no 1414 dan 1415. Hadis dengan matan yang kami tulis adalah hadis no 1415 sedangkan hadis no 1414 matannya sebagai berikut
أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ” أنا دار الحكمة ، وعلي بابها “
Nabi SAW bersabda “Aku adalah Gedung Ilmu dan Ali adalah pintunya”.
Berkata Ibnu Jarir perihal hadis ini
وهذا خبر صحيح سنده
Riwayat ini sanadnya Shahih.
.
Ali Muttaqi Al Hindi
Hadis ini diriwayatkan oleh Ali Muttaqi Al Hindi dalam kitab hadisnya Kanz Al Ummal jilid 13 hal 128-129 hadis no 3462, 3463 dan 3464. Hadis no 3462 matannya sama dengan matan hadis Ibnu Jarir no 1414 sedangkan hadis berikutnya sama dengan matan hadis yang kami kutip dari Al Mustadrak. Pada hadis ke 3464 beliau menuliskan
وقد كنت أجيب بهذا الجواب دهرا إلى أن وقفت على تصحيح ابن جرير لحديث علي في تهذيب الآثار مع تصحيح ( ك ) لحديث ابن عباس فاستخرت الله وجزمت بارتقاء الحديث من مرتبة الحسن إلى مرتبة الصحة – والله أعلم
Sudah cukup lama saya menjawab perihal hadis ini sampai akhirnya saya mengetahui bahwa Ibnu Jarir dalam kitabnya Tahdzib Al Atsar telah menshahihkan hadis ini disamping penshahihan hadis Ibnu Abbas. Kemudian saya beristikharah dan akhirnya yakin bahwa hadis ini yang sebelumnya hasan adalah shahih. Wallahu A’lam.
.
Hafidz Ahmad bin Shiddiq Al Maghribi.
Beliau adalah Ulama hadis yang telah menulis kitab Fath Al Mulk ‘Ali bi Shahah Hadits Babu Madinah Al ‘Ilm ‘Ali. Kitab ini adalah kitab khusus yang membuktikan shahihnya hadis Madinatul Ilmi. Dalam kitab tersebut beliau telah memaparkan sanad-sanad hadis tersebut memberi komentar dan pada akhirnya menyatakan hadis tersebut shahih.
Penolakan Hadis Madinatul Ilmi Palsu
Hal ini dinyatakan oleh banyak ulama hadis di antaranya Jalaludin As Suyuthi, Al Hafidz Abu Alaiy, Al Hafidz Ibnu Hajar, Asy Syaukani, As Sakhawi, Al Ajluni, dan Az Zarkasy. Mereka semua menyatakan Hadis Madinatul Ilmi hasan. Tidak benar pendapat yang menyatakan bahwa Mereka yang menyatakan hadis Madinatul ilmi shahih atau hasan tidak mengetahui cacat yang dinyatakan oleh mereka yang memaudu’kan hadis tersebut. Justru mereka yang menghasankan hadis ini adalah mereka yang telah mengumpulkan semua sanad hadis Madinatul Ilmi dan membantah pernyataan ulama yang memaudhu’kan hadis tersebut. Mereka telah mengetahui cacat hadis yang dimaksud hanya saja mereka beranggapan kumpulan semua sanad tersebut telah menjadikan hadis tersebut hasan, tidak shahih dan tidak pula dhaif apalagi maudhu’.
Hadis Madinatul Ilmi Hasan
Berikut adalah nama-nama Ulama yang menghasankan hadis ini setelah mengumpulkan semua sanad hadis tersebut
Jalaludin As Suyuthi telah menghasankan hadis ini dalam Kitabnya Tarikh Al Khulafa jilid I hal 69, Kitab Al Laliy Al Mashnu‘ah Fi Al Hadits Al Maudhu‘ah bagian Manaqib Khulafa Al Arba’in.
Asy Syaukani menyatakan hadis ini “Hasan Li Ghairihi” dalam kitabnya Fawaid Al Majmuah no hadis 52.
As Sakhawi juga menghasankan hadis ini dalam Maqasid Al Hasanah no hadis 189.
Al Ajluni menyatakan hadis ini hasan dalam Kasyf Al Khafa’ hadis no 618
Az Zarkasy dalam kitabnya Al Laliy Al Mantsurah Fi Al Hadits Al Masyhurah hadis no 151 juga telah menghasankan hadis Madinatul Ilmi.
Al Hafidz Ibnu Hajar dan Al Hafidz Shalahuddin Al Alaiy menghasankan hadis ini dan menolak pernyataan maudhu’. Pernyataan ini dikutip dalam Kasyf Al Khafa’ hadis no 618 Karya Al Ajluni.
Berikut pernyataan As Suyuthi yang kami kutip dalam Kitab Tarikh Al Khulafa jilid I hal 69 tentang Hadis-hadis Keutamaan Ali bin Abi Thalib
وأخرج البزار والطبراني في الأوسط عن جابر بن عبد الله وأخرج الترمذي والحاكم عن علي قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” أنا مدينة العلم وعلي بابها ” هذا حديث حسن على الصواب لا صحيح كما قال الحاكم ولا موضوع كما قاله جماعة منهم ابن الجوزي والنووي وقد بينت حاله في التعقبات على الموضوعات
Al Bazzar dan Ath Thabrani dalam Al Awsath meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dan Imam Tirmidzi serta Al Hakim meriwayatkan dari Ali, dia berkata Rasulullah SAW bersabda “Saya adalah kota ilmu sedangkan Ali adalah pintunya”. Hadis ini hasan dan bukan shahih sebagaimana yang dikatakan Al Hakim dan bukan maudhu’ sebagaimana yang dinyatakan oleh sebagian kalangan diantaranya Ibnu Jauzi dan An Nawawi. Saya telah memberikan catatan tentang kedudukan hadis ini dalam Catatan Kritis Terhadap Kitab Al Maudhu’at Ibnu Jauzi.
Begitu juga Al Hafidz Shalahuddin Al Alaiy menolak pernyataan maudhu’ dan berkata bahwa yang benar hadis tersebut hasan. Pernyataan ini kami kutip dari kitab Kasyf Al Khafa’ hadis no 618, Al Hafidz Al Alaiy berkata
الصواب أنه حسن باعتبار طرقه لا صحيح ولا
تعدد ضعيف؛ فضلا أن يكون موضوعا
Sebenarnya kedudukan hadis ini hasan dengan melihat semua jalan sanadnya, tidak shahih dan juga bukan dhaif, lebih utama dari maudhu’
أنا مدينة العلم وعليٌ بابها
فمن اراد المدينة فليأتها من بابها
هذا حديثٌ قاله محمدُ
جاء به وهو حديثٌ مسندُ
في حق من بذكره نرددُ
فهو عليٌ في العلا مؤيدُ
للمرتضى كرامات
والعُلا جبابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
كونوا معي يا باب علم المصطفى
أنت العلي في المعالي وكفى
يا كعبة المتقين
شُرِفت أثوابها
ومن يروم المعالي
فلياتها من بابها
يا لبَّة التوحيد يا عين الهدى
وحجة لمن اناب واهتدى
بك اقتديت والحبيب المقتدى
لولاك غصن العدل ما بقى الندى
يا باب علم الرسول
أُسِست أعتابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
خير ابن عم أنت يا أخا النبي
ياغاية تُفدى بأمي وأبي
ياحجة الله وياخير ولي
وُرِثّت من كفيلٍ و موئلِ
يا موئلاً بك الكروب تنجلي
وفيك جاءت لا فتى إلا علي
يا سابق السابقين
شهدت أصحابها
ومن يروم المعالي
فليأتها من بابها
Terj.
Ana Madinatul Ilmi (aku kota ilmu)
Ana madînatul ilm wa ‘aliyyun bâbuhâ
faman arâdal madînah fal ya’tihâ min bâbihâ
Akulah kota ilmu dan Ali adalah pintunya
Siapa yang ingin mendapatkan ilmuku, maka datanglah dari pintunya
Hadzâ hadîtsun qâlahu Muhammadun
jâa bihi wa huwa hadîtsun musnadu
Itulah hadis yang disabdakan Muhammad Rasulullah saw dengan sanad yang kuat
Fî haqqi man bidzikrihi nuraddidu
fa huwa ‘aliyyun bil’ulâ muayyadu
Adalah kebenaran bagi kita untuk selalu mengingatnya
Itulah Ali yang mulia dan dimuliakan Allah
Lilmurtadhâ karâmât wal ‘ulâ jilbâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Bagi Ali Al-Murtadha terhimpun berbagai keutamaan, keagungan
senantiasa meliputinya
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
kûnû ma’î yâ bâba ‘ilmil mushthafâ
antal ‘aliyyu fil ma’âlî wa kafâ
Sudilah bersama kami wahai “Pintu ilmu Rasul”
Engkaulah Ali yang sejati dalam ketinggian dan keagungan
Yâ ka’batal muttaqîn syurrifat atswâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
wahai penunjuk arah para muttaqin
yang mensucikan semua yang melekat pada dirinya
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
yâ labbatat tawhîdi yâ ‘aynal hudâ
wa hujjatun liman anâba wahtadâ
Wahai pemegang tauhid sejati wahai penunjuk jalan yang nyata
Engkaulah tempat kembali para perindu kebenaran
Bikaqtadaytu wal habîbul muqtadâ
lawlâka ghushnul ‘adli mâbaqân nadâ
Aku menteladanimu sebagaimana engkau dengan teguh menteladani Rasulullah saw
Sekiranya bukan karena engkau, suara keadilan takkan kekal terdengar
Yâ bâba ‘ilmil rasûl ussisat a’tâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Wahai Pintu ilmu Rasul semakin kokohlah pintu itu
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
khayrubnu ‘ammin yâ akhan nabi
yâ ghâyatan tubdâ biummî wa abî
Wahai Ali, sungguh telah ditetapkan engkau saudara Rasul, putera paman Nabi,
yang dilahirkan dari ayah dan ibu yang mulia
yâ hujjatallâhi wa yâ khayra wali
wuridta min kahfin lana wa mauili
Wahai Hujjatullah, engkau sebaik-baik wali
Kehadirannmu telah melindungi kami
Yâ mauilan bikal kurûbu tanjali
wa fîka jâat lâ fatâ illâ ‘ali
Wahai Sang Penyelamat bersamamu sirnahlah segala bencana
Atasmulah Rasulullah bersabda “La fatâ illa Ali” (tiada pemuda kecuali Ali)
Yâ sâbiqas sâbiqîn syahidat ashhâbuhâ
wa man yarûmul ma’âlî fal ya’tihâ min bâbihâ
Wahai Ali, penghulu sejati begitulah para sahabatnya yang setia telah bersaksi.
Siapa yang mendambakan kemuliaan
segera datang kepada Rasulullah dari pintunya
Hadis Madinatul Ilmi
Hadis Madinatul Ilmi salah satunya diriwayatkan oleh Al Hakim dalam Kitab Al Mustadrak Ash Shahihain jilid III hal 126 Kitab Ma’rifatus Shahabah Bab Manaqib Ali hadis no 4637, 4638 dan 4639. Berikut adalah salah satunya
حدثنا أبو العباس محمد بن يعقوب ثنا محمد بن عبد الرحيم الهروي بالرملة ثنا أبو الصلت عبد السلام بن صالح ثنا أبو معاوية عن الأعمش عن مجاهد عن بن عباس رضى الله تعالى عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أنا مدينة العلم وعلي بابها فمن أراد المدينة فليأت الباب
Telah mengabarkan kepada kami Abu Abbas Muhammad bin Ya’qub yang mendengar dari Muhammad bin Abdurrahiim Al Harawi yang mendengar dari Abu Shult Abdus Salam bin Shalih yang mendengar dari Abu Muawiyah dari ’Amasy dari Mujahid dari Ibnu Abbas RA yang berkata Rasulullah SAW bersabda Aku adalah Kota Ilmu dan Ali adalah pintunya, barangsiapa yang ingin memasuki kota hendaklah melalui pintunya.
Hadis ini menjadi perselisihan di kalangan Ulama hadis. Sebagiannya menyatakan shahih, sebagian lagi menyatakan hasan dan sebagian menyatakan dhaif bahkan maudhu’. Oleh karena itu kami akan membahas secara ringkas tentang kedudukan hadis ini dan menyatakan apa pandangan kami perihal hadis ini.
Hadis Madinatul Ilmi Shahih
Salah seorang Ustadz menyatakan bahwa hanya Al Hakim yang menyatakan hadis ini Shahih. Pernyataan ini keliru karena ada cukup banyak ulama yang telah menshahihkan hadis ini seperti yang dapat anda lihat dalam tulisan saudara ini. Kami hanya akan mengutip sebagian Ulama yang kami ketahui yaitu Al Hakim, Yahya bin Main, Ibnu Jarir Ath Thabari, Muttaqi Al Hindi dan Hafidz Ahmad bin Shiddiq Al Maghribi.
.
Al Hakim
Berkata Al Hakim dalam Kitab Al Mustadrak jilid III hal 126 Kitab Ma’rifatus Shahabah Bab Manaqib Ali hadis no 4637
حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه وأبو الصلت ثقة مأمون
Hadis dengan sanad Shahih yang diriwayatkan oleh Abu Shult seorang Tsiqat dan Ma’mun.
.
Yahya bin Main
Hadis ini dishahihkan oleh Ibnu Main sebagaimana dikutip Al Khatib dalam Tarikh Baghdad jilid 11 hal 49, Tahdzib At Tahdzib Ibnu Hajar jilid 6 hal 321-322 no 619 juga dikutip oleh Ibnu Zakky Al Mizzi dalam Tahdzib Al Kamal jilid 18 hal 77 no 3421. Berikut kami kutip dari kitab Tahdzib Al Kamal
سألت يحيى بن معين عن هذا الحديث ، فقال : هو صحيح.
Yahya bin Main tentang hadis ini berkata “Shahih”.
.
Ibnu Jarir Ath Thabari
Dalam kitab Tahdzib Al Atsar hal 104 no 1414 dan 1415. Hadis dengan matan yang kami tulis adalah hadis no 1415 sedangkan hadis no 1414 matannya sebagai berikut
أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ” أنا دار الحكمة ، وعلي بابها “
Nabi SAW bersabda “Aku adalah Gedung Ilmu dan Ali adalah pintunya”.
Berkata Ibnu Jarir perihal hadis ini
وهذا خبر صحيح سنده
Riwayat ini sanadnya Shahih.
.
Ali Muttaqi Al Hindi
Hadis ini diriwayatkan oleh Ali Muttaqi Al Hindi dalam kitab hadisnya Kanz Al Ummal jilid 13 hal 128-129 hadis no 3462, 3463 dan 3464. Hadis no 3462 matannya sama dengan matan hadis Ibnu Jarir no 1414 sedangkan hadis berikutnya sama dengan matan hadis yang kami kutip dari Al Mustadrak. Pada hadis ke 3464 beliau menuliskan
وقد كنت أجيب بهذا الجواب دهرا إلى أن وقفت على تصحيح ابن جرير لحديث علي في تهذيب الآثار مع تصحيح ( ك ) لحديث ابن عباس فاستخرت الله وجزمت بارتقاء الحديث من مرتبة الحسن إلى مرتبة الصحة – والله أعلم
Sudah cukup lama saya menjawab perihal hadis ini sampai akhirnya saya mengetahui bahwa Ibnu Jarir dalam kitabnya Tahdzib Al Atsar telah menshahihkan hadis ini disamping penshahihan hadis Ibnu Abbas. Kemudian saya beristikharah dan akhirnya yakin bahwa hadis ini yang sebelumnya hasan adalah shahih. Wallahu A’lam.
.
Hafidz Ahmad bin Shiddiq Al Maghribi.
Beliau adalah Ulama hadis yang telah menulis kitab Fath Al Mulk ‘Ali bi Shahah Hadits Babu Madinah Al ‘Ilm ‘Ali. Kitab ini adalah kitab khusus yang membuktikan shahihnya hadis Madinatul Ilmi. Dalam kitab tersebut beliau telah memaparkan sanad-sanad hadis tersebut memberi komentar dan pada akhirnya menyatakan hadis tersebut shahih.
Penolakan Hadis Madinatul Ilmi Palsu
Hal ini dinyatakan oleh banyak ulama hadis di antaranya Jalaludin As Suyuthi, Al Hafidz Abu Alaiy, Al Hafidz Ibnu Hajar, Asy Syaukani, As Sakhawi, Al Ajluni, dan Az Zarkasy. Mereka semua menyatakan Hadis Madinatul Ilmi hasan. Tidak benar pendapat yang menyatakan bahwa Mereka yang menyatakan hadis Madinatul ilmi shahih atau hasan tidak mengetahui cacat yang dinyatakan oleh mereka yang memaudu’kan hadis tersebut. Justru mereka yang menghasankan hadis ini adalah mereka yang telah mengumpulkan semua sanad hadis Madinatul Ilmi dan membantah pernyataan ulama yang memaudhu’kan hadis tersebut. Mereka telah mengetahui cacat hadis yang dimaksud hanya saja mereka beranggapan kumpulan semua sanad tersebut telah menjadikan hadis tersebut hasan, tidak shahih dan tidak pula dhaif apalagi maudhu’.
Hadis Madinatul Ilmi Hasan
Berikut adalah nama-nama Ulama yang menghasankan hadis ini setelah mengumpulkan semua sanad hadis tersebut
Jalaludin As Suyuthi telah menghasankan hadis ini dalam Kitabnya Tarikh Al Khulafa jilid I hal 69, Kitab Al Laliy Al Mashnu‘ah Fi Al Hadits Al Maudhu‘ah bagian Manaqib Khulafa Al Arba’in.
Asy Syaukani menyatakan hadis ini “Hasan Li Ghairihi” dalam kitabnya Fawaid Al Majmuah no hadis 52.
As Sakhawi juga menghasankan hadis ini dalam Maqasid Al Hasanah no hadis 189.
Al Ajluni menyatakan hadis ini hasan dalam Kasyf Al Khafa’ hadis no 618
Az Zarkasy dalam kitabnya Al Laliy Al Mantsurah Fi Al Hadits Al Masyhurah hadis no 151 juga telah menghasankan hadis Madinatul Ilmi.
Al Hafidz Ibnu Hajar dan Al Hafidz Shalahuddin Al Alaiy menghasankan hadis ini dan menolak pernyataan maudhu’. Pernyataan ini dikutip dalam Kasyf Al Khafa’ hadis no 618 Karya Al Ajluni.
Berikut pernyataan As Suyuthi yang kami kutip dalam Kitab Tarikh Al Khulafa jilid I hal 69 tentang Hadis-hadis Keutamaan Ali bin Abi Thalib
وأخرج البزار والطبراني في الأوسط عن جابر بن عبد الله وأخرج الترمذي والحاكم عن علي قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” أنا مدينة العلم وعلي بابها ” هذا حديث حسن على الصواب لا صحيح كما قال الحاكم ولا موضوع كما قاله جماعة منهم ابن الجوزي والنووي وقد بينت حاله في التعقبات على الموضوعات
Al Bazzar dan Ath Thabrani dalam Al Awsath meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dan Imam Tirmidzi serta Al Hakim meriwayatkan dari Ali, dia berkata Rasulullah SAW bersabda “Saya adalah kota ilmu sedangkan Ali adalah pintunya”. Hadis ini hasan dan bukan shahih sebagaimana yang dikatakan Al Hakim dan bukan maudhu’ sebagaimana yang dinyatakan oleh sebagian kalangan diantaranya Ibnu Jauzi dan An Nawawi. Saya telah memberikan catatan tentang kedudukan hadis ini dalam Catatan Kritis Terhadap Kitab Al Maudhu’at Ibnu Jauzi.
Begitu juga Al Hafidz Shalahuddin Al Alaiy menolak pernyataan maudhu’ dan berkata bahwa yang benar hadis tersebut hasan. Pernyataan ini kami kutip dari kitab Kasyf Al Khafa’ hadis no 618, Al Hafidz Al Alaiy berkata
الصواب أنه حسن باعتبار طرقه لا صحيح ولا
تعدد ضعيف؛ فضلا أن يكون موضوعا
Sebenarnya kedudukan hadis ini hasan dengan melihat semua jalan sanadnya, tidak shahih dan juga bukan dhaif, lebih utama dari maudhu’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar