Laman

Selasa, 29 Mei 2012

Sejarah Do'a Kumail


sejarah doa kumail

Doa Kumayl diajarkan Imam ali Menurut seorang alim besar, Sayyid Ibn Thawuus, dalam buku Iqbal, riwayat ini disampaikan Kumayl: Pada suatu hari, saya duduk di Masjid Basrah bersama Maulana Amirul Mukminin (Imam Ali) membicarakan hal Nisfu Sya'ban. Ketika ditanya tentang ayat "Fiiha yufroqu kullu amrin hakimin" QS 44:4), Imam Ali mengatakan ayat ini mengenai Nisfu Sya'ban; orang yang beribadat di malam itu, tidak tidur dan membaca Doa Hidhir, akan diterima doanya oleh Alah SWT.

Ketika Imam Ali pulang kerumahnya, dimalam itu, saya menyusul beliau. Melihat saya, imam bertanya, apakah keperluan anda kemari? Jawab saya, saya kemari untuk mendapatkan doa Hadhrat Hidir, Imam mempersilahkan saya duduk, seraya mengatakan: "Ya Kumayl apabila anda menghafal doa ini dan membacanya setiap malam jum'at cukuplah itu untuk melepaskan anda dari kejahatan, anda akan ditolong Allah diberi rizki dan doa ini akan makbul. Ya Kumayl, lamanya persahabatan dan kekhidmatan anda, menyebabkan anda dikarunia nikmat dan kemuliaan untuk belajar (Doa Kumayl)".

Dalam Mafatihul Jinan, Muhaddits besar Al-Qummi, yang dikutip dalam Mishbah-ul-Mutahajjid, disebutkan bahwa doa ini adalah doa terbaik dan termasyur sebagai Doa Hadhart Hidr dan bahwa Imam Ali mengatakan kepada Kumayl, salah seorang sahabat beliau, untuk membacanya dimalam Nisfu Sya'ban dan setiap malam Jum'at. Dikatakan bahwa doa ini memperluas pintu rezeki dan melawan niat jahat musuh dan meluputkan dari dosa.

2 komentar:

  1. Salam, ayat itu bukannya tentang malamn turunnya Al Qur'an di bulan Ramadhan? Mohon pencerahannya, makasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam. maaf baru bisa jawab, krn dah lama ngga perhatian ama blog ini krn kesibukan2. Maaf mas, riwayat yg saya dapatkan ttg ayat diatas ya seperti itu dari salah satu blog temen, dan setelah dicek didalam kitab tersebut mmg bener adanya. Kalau mas mungkin menemukan dan memiliki riwayat lain, bisa dishare kesini, dan kita diskusikan. sekali lagi maaf atas keterlambatan saya dalam menjawabnya.

      Hapus