Laman

Kamis, 05 Juli 2012

Cara Membakar CD / DVD Tanpa Menggunakan Software


Jika sebelumnya mungkin Anda orang yang suka memburning CD/DVD dengan aplikasi seperti Nero, ISO burn , atau yang lainya di komputer yang menggunakan sistem operasi windows, saya mempunyai sedikit trik untuk membakar CD/DVD tanpa software sama sekali. 
Hal ini bisa anda lalukan bila dalam keadaan darurat seperti: komputer di warung internet yang tidak memiliki software pemburning cd atau di rumah saudara yang juga tidak menginstall aplikasi pembakar cd, maka anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu.
Okey langsung saja ke cara melakukanya:


1. Nyalakan komputer.
2. Masukan CD/DVD kosong yang akan anda isi file ke CD/DVD ROM.


3. Sambil menunggu CD/DVD kosong terdeteksi oleh komputer, anda bisa memindahkan file yang akan di masukan cd/dvd. caranaya:
- Buat folder baru di lokal disk D, E,F atau terserah anda yang penting bukan di disk C da bukan di CD/DVD kosong yang akan kita gunakan nanti. Lalu beri nama folder baru anda "nama ini akan menjadi nama di CD/DVD kosong yang akan kita isi data nantinya"
- Copy atau cut data atau file yang ingin anda masukan ke CD/DVD ke folder yang telah anda buat tadi.
- Setelah semua file di masukan, klik kanan lalu pilih properties untuk mengecek terlebih dahulu, apakah ukuran atau kapasitas file yang di masukan tidak melebihi kapasitas CD/DVD kosong yang akan kita gunakan. Jika melebihi hapuslah beberapa data sampai file tadi tidak melebihi kapasitas CD/DVD kosong yang akan kita gunakan.


 4. Setelah itu klik kanan send to >> pilih CD/DVD yang ingin di masukan.


5. Tunggu sampai proses burning selesai "cd/dvd akan keluar secara otomatis jika pembakarannya sudah selesai".


6. Sekarang anda masukan kembali cd/dvd yang telah di isi file ke komputer untuk mengecek keberhasilan pemburningan.

 Semoga artikel di atas dapat memberi manfaat bagi anda. Amin !!!

8 komentar:

  1. mas tolong hapus kembali apa yang sudah di kopy paste dari blog ku yah mas kita kan sesama muslim masa saling menyakiti?

    BalasHapus
  2. Maaf mas fery, pertama saya tidak tahu ada lebel baru diblog saya,apalagi masalah komputer dan internet, tapi kok tiba2 ada, krn tujuan blog ini saya buat bukan untuk itu, dan maaf walaupun bukan saya yg memasukkan file ini, tapi apa dasar mas mengakui file tersebut milik mas? apa mas punya bukti? kalau mas feri menganggap dengan keberadaan file ini diblog saya menyakiti mas, saya minta maaf, tapi untuk pengahapusannya, saya akan tunda, krn tunggu bukti dari mas. karna saya akan selediki dari mana file ini masuk tiba2 keblog saya. sekali lagi saya minta maaf.

    BalasHapus