Laman

Kamis, 05 Juli 2012

Kekurangan Dan Kelebihan Google Plus di Banding Facebook



Hey Sobat Jempoler, kalian sudah punya akun facebook, twitter, Msn ? saya rasa sudah banyak yang punya dari pada yang belum. Nah kini saya akan memperkenalkan sosial networking terbaru dari perusahaan search engine terkemuka di dunia "Google". Google ternyata tidak mau kalah dengan dunia sosial network, mereka membuat sosial network yang di beri nama Google + atau Google plus.
Google plus sendiri sebenarnya sudah di luncurkan oleh pihak Google di akhir tahun 2010, namun baru muncul di Amerika dan di Canada saja. Nah sejak awal tahun 2011 Google plus sudah bisa di akses oleh orang Indonesia. Tanda +1 adalah ciri khas dari google plus atau kalau di facebook namanya like. Google plus yang di gadang-gadang akan mengalahkan facebook ini memang memikiki banyak keunggulan yang tidak di miliki facebook Sob. Menurut saya walaupun google plus mempunyai banyak keunggulan tetapi google plus juga memiliki beberapa kelemahan.
Beberapa keunggulan Google Plus di banding Facebook atau jejaring sosial lainnya yang telah saya alami, antara lain:
* Menambahkan teman yang tak terbatas 
Kalau biasanya di Facebook atau sosial networking lainnya kita akan di batasi jumlah pertemananya, di Google plus tidak demikian. Kita bisa menambahkan teman ke lingkaran yang kita buat sebanyak mungkin ang kita mau (tidak terbatas). Berbeda bila di banding dengan facebook mereka akan memberi perigatan jika pertemanan kita sudah mencapai lebih dari 5000 orang.

* Up Date status sampai puas
Kamu bebas menulis seberapa panjang status yang akan kamu buat dan di sebarkan ke teman-teman kamu. Berbeda jauh dengan Facebook yang membatasi curhatan hati ke teman-teman.

* Membuat Grup atau Circle yang tak terbatas
Kalau kita di Facebook hanya di beri beberapa pilihan dalam membuat Grup, hal ini berbeda dengan facebook, kita bisa membuat sebanyak mungkin Grup atau kalau di Google Plus disebut Lingkaran (Circle). Kalian dapat dengan bebas menasukan teman baru yang ingin kalian ikuti ke dalam lingkaran lingkaran yang kalian buat.


* Menu Chat yang dapat kamu online atau di off  kan
Jika kamu membuka Facebook di malam hari dan kamu di ganggu oleh orang-orang yang iseng untuk mengajak chattingan pasti kamu akan terganggu dengan hal ini. Hal seperti itu tidak akan terjadi di Google Plus. Di Google + kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan menu obrolan, walaupun kamu sedang sibuk utak atik di halaman beranda Google plus.

* Pilih pembaca curhatan
Jika kamu ingin menulis artikel atau sekedar up date status dan kirim foto, kamu bisa memilih siapa sajateman yang hanya bisa melihat atau mendengarkan curhatan yang kamu kirim. Orang lain yang tidak ingin kamu kirimi statusmu tidak mungkin akan bisa menjangkau kiriman kamu.

* Video chat bersama
Kamu bisa melakukan video cahting dengan beberapa teman kamu yang sedang mengaktifkan menu obrolanya. Berbeda dengan Facebook yang hanya bisa buat ngobrol 2 orang.

* Menonton Video Youtube atau film bersama
Kamu dapat mengirim video dari youtube atau film yang ingin kamu setel dan di tonton oleh teman-teman obrolan kamu. Hal ini semakin menyenangkan bila ada pertandingan final sebuah pertandingan sepak bola. Berbeda jauh kan dengan Facebook ? Ya, Facebook belum memiliki layanan ini.

* Telphone Gratis
Sepertinya ini adalah salah satu layanan yang sangat di unggulkan yang tidak di miliki oleh sosial network lainnya. Kamu bisa menelphone gratis dari komputer ke ponsel atau seluler yang nomernya telah terdaftar di Google Plus. Namun sepertinya bagi kamu yang tinggal di luar negara Amerika dan Kanada  perlu bersabar, karena layanan ini hanya baru ada di dua negara tersebut.

* Menu Pencarian seperti Search Engine
Menu pencarian di Google plus ibarat Google.com, kita tidak perlu meninggalkan halaman beranda Google plus kita untuk mencari informasi yang kita suka dan juga menu pencarianya lebih luas dibandingkan dengan Facebook yang hanya menampilkan pencarian yang terkait dalam websitenya saja.


Kelemahan atau kekurangan Google plus dibanding Facebook yang saya rasakan, antara lain:

* Akses lebih berat
Meskipun belum terbukti kebenarnya tetapi dari yang saya rasakan dan orang-orang yang berteman dengan saya di Google plus mengalami hal ini. Hal ini kemungkinan karena banyaknya fitur dan hal-hal yang lebih dari Google plus.

* Usia minimal 18 tahun
Jika kamu belum berusia 18 tahun saya rasa kamu tidak akan bisa memiliki akun Google Plus,  Google Plus mensyaratkan usia minimal penggunanya 18 tahun. Di facebook usia tidak jadi masalah.
* Belum ada layanan 0.googleplus.com
Bila di facebook kita bisa menggunakan layanan facebook secara gratis dengan 0.facebook.com tetapi di google plus belum ada layanan ini :)

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan tentang kelebihan Google Plus di banding Facebook. Mungkin masih banyak lagi Keunggulan dan kekurangan dari google plus yang belum dapat saya sampaikan saya minta maaf dan mungkin saya akan menambahkan yang saya ketahui di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar