Laman

Rabu, 30 November 2011

Ali bin Abi Thalib dan Golongan Qasithin (Pasukan Shiffin)


Ali bin Abi Thalib dan Golongan Qasithin (Pasukan Shiffin)


Persiapan Muawiyah 

Pemindahan ibukota pemerintahan Islam oleh Ali bin Abi Thalib ke Kufah sangat menggusarkan Muawiyah bin Abu Sufyan, sebab dia melihat bahwa pemindahan itu dengan maksud menyatukan negara Islam dan membangun kekuatan Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunah Nabi saw. Reaksi pertama yang dilakukannya ialah meminta bantuan Amr bin Ash sebagai konsultannya, karena Amr terkenal dengan tipu muslihatnya, terutama adanya kesamaan dalam membenci Islam dan Ali bin Abi Thalib.

Setelah menerima surat Muawiyah, Amr bin Ash tidak membuang-buang waktu. Selama ini yang menjadi keinginan Amr adalah ketamakannya kepada dunia. Ia tidak menganggap penting agama, sekalipun dapat menjaminnya masuk surga.


Sesaat ketika tiba di Syam, Amr bin Ash  langsung melakukan siasat awalnya, yaitu membohongi masyarakat dengan menangis tersedu-sedu seperti seorang wanita menangisi keluarga terdekatnya yang meninggal. Setelah menyusun rencana tipu muslihat, Muawiyah dan Amr tawar menawar harga yang harus diterima. Amr memberikan syarat; bila rencananya berhasil dalam menghadapi Ali bin Abi Thalib, ia menjadi gubernur di Mesir. Muawiyah menerima syarat tersebut dan membuat surat perjanjian.
Dari kesepakatan itu mereka menyiapkan rencana dan taktik menghadapi dan menjatuhkan Ali bin Abi Thalib a.s. Seperti biasa, rencana dan taktik yang akan diambil tidak jauh dari tipu muslihat. Tanpa tipu muslihat, mereka tidak akan mencapai tujuannya dan gagal menghadapi Ali selaku pewaris sejati kekhalifahan dan pembawa bendera kebenaran dan keadilan.
Mereka sepakat untuk memanfaatkan baju Utsman bin Affan; orang yang sebelumnya sengaja ditinggalkannya sampai terbunuh. Baju Utsman ini dipakai untuk mengecoh emosi dan akal masyarakat yang tidak sadar. Mereka berdua mengangkat baju Utsman bin Affan di atas mimbar-mimbar setelah dibawa ke Syam oleh Nu’man bin Basyir. Ketika orang-orang melihat baju Utsman yang dikenakannya ketika ia dibunuh, serentak mereka menangis tersedu-sedu. Tanpa disadari, rasa kebencian menguat dan membara di dada mereka. Mereka menjadi seoleh-oleh buta akan petunjuk dan kebenaran.
Muawiyah membutuhkan dukungan yang lebih kuat dari masyarakat. Untuk itu, Amr bin Ash menggunakan rencana lain lagi. Dia memanfaatkan Syarahbil bin Samth Al-Kindi sebagai provokator awal. Syarahbil dikenal sebagai orang yang banyak ibadah dan ditokohkan oleh kabilah-kabilah Syam. Syarahbil membenci Jarir selaku utusan Ali bin Abi Thalib yang datang ke Syam menemui Muawiyah. Sifat yang membuat Syarahbil mudah dimanfaatkan oleh Amr ialah karena ia tidak mendapatkan informasi dari sumber-sumber langsung. Hasutan ini berlangsung sempurna karena Syarahbil ternyata menuntut Muawiyah untuk membalas dendam atas darah Utsman bin Affan. Tanpa sadar ia telah menjadi alat cuma-cuma di tangan Muawiyah untuk mempengaruhi masyarakat dalam rangka memerangi Ali bin Abi Thalib.

Menguasai Sungai Furat

Setelah mobilisasi warga Syam untuk berperang, Muawiyah meminta baiat dari mereka dan menulis surat kepada Ali bin Abi Thalib a.s. untuk menantangnya berperang yang dibawa oleh Jarir; seorang yang taat kepada Ali. Kemudian Muawiyah membawa pasukannya dengan cepat bergerak ke dataran yang lebih tinggi dari sungai Furat; di lembah yang bernama Shiffin. Ia sengaja menduduki tempat itu untuk menahan Ali bin Abi Thalib dan pasukannya dari air sungai Furat.

Dalam strategi perang Muawiyah, menguasai daerah sungai Furat adalah kemenangan pertama. Dan benar demikian; keterlambatan Ali bin Abi Thalib sampai di daerah itu memaksanya meminta kepada Muawiyah untuk membiarkan pasukannya meminum air sungai Furat. Permintaan Ali itu ditolak mentah-mentah olehnya.
Rasa haus mencekik pasukan Ali yang sebagian besar mereka terdiri dari orang Irak. Keadaan ini semakin mempersulit dirinya, karena mereka menuntut untuk tidak perlu lagi mengambil posisi bertahan di hadapan pasukan Muawiyah. Akhirnya, Ali bin Abi Thalib memberi izin kepada pasukannya untuk menyerang pasukan Muawiyah yang berada di pinggiran sungai. Serangan itu berhasil mengusir kekuatan Muawiyah dari daerah itu.
Kini, pasukan Ali bin Abi Thalib a.s. menguasai sungai Furat. Ternyata, ia tidak melakukan pembalasan dengan melakukan cara yang telah digunakan oleh Muawiyah. Ali a.s. memperkenankan pasukan Muawiyah untuk mengambil air dari sungai Furat.
Usaha Perdamaian
Ali bin Abi Thalib telah berusaha untuk terus melayangkan surat dalam rangka melakukan rekonsiliasi guna mencari jalan keluar dari konfrontasi militer, bahkan ia telah membuka beberapa kanal yang dapat menampung maksud Muawiyah agar tetap setia pada baiatnya. Namun demikian, Muawiyah bersikeras untuk memeranginya. Ia mantap dengan niatnya untuk menghancurkan Ali dan pasukannya dengan segala cara.
Melihat itu, Ali bin Abi Thalib belum putus asa untuk tercapainya perdamaian kedua pasukan. Setelah menguasai sungai Furat, ia mengusulkan agar dilakukan gencatan senjata sementara. Dan ia memanfaatkan kondisi ini dengan mengirim  beberapa utusan kepada Muawiyah. Para utusan itu adalah Basyir bin Muhsin Al-Anshari, Said bin Qais Al-Hamadani dan Syibts bin Rub’i At-Tamimi. Ali bin Abi Thalib berpesan kepada mereka: “Temui lelaki itu (Muawiyah) dan ajaklah ia kepada Allah, ketaatan dan jama’ah (persatuan)!”.
Namun, jawaban Muawiyah lagi-lagi pedang dan perang. Kepada para utusan Ia mengatakan: “Enyahlah kalian dari sisiku. Antara kita tidak ada lagi yang tersisa selain pedang”.

Perang Pasca Gencatan Senjata

Telah terjadi kontak senjata sporadis antara kedua pasukan sebelum menjadi peperangan besar. Segera setelah itu kedua pasukan berbaris dengan kekuatan penuh, saling berhadapan. Perang pun pecah dan terhenti ketika memasuki bulan Muharam tahun 37 H. Segera gencatan senjata disepakati untuk kedua kalinya.

Selama gencatan ini, Ali bin Abi Thalib berusaha untuk mencapai perdamaian dengan Muawiyah. Strateginya adalah mengajak untuk duduk berdamai, menyatukan kalimat dan tidak menumpahkan darah muslimin. Sementara itu, Muawiyah mengajak pasukan Ali untuk mencampakkan baiat mereka kepadanya sekaligus menuntut darah Utsman bin Affan.
Gencatan senjata berlangsung selama satu bulan penuh. Perang kecil-kecilan yang terjadi cukup lama mengakibatkan kedua belah pasukan mengalami kelelahan. Kemudian Ali bin Abi Thalib a.s. menyiapkan pasukannya untuk peperangan besar, hal yang sama juga dilakukan oleh Muawiyah. Kembali kedua pasukan saling berhadapan dan siap memulai peperangan yang sangat hebat dan mencekam.
Kepada pasukan, Ali senantiasa berpesan: “Jangan kalian membunuh musuh sebelum mereka melakukannya terlebih dahulu. Alhamdulillah kalian berada di atas kebenaran”. Ia melanjutkan: “Bila mereka memerangi kalian, pasti kalian dapat mengalahkan mereka. Jangan membunuh panglima, orang yang terluka! Jangan pula membuka aurat dan berpura-pura mati!”.
Peperangan terus berlanjut. Ada yang melarikan diri dari medan pertempuran, ada pula yang masih banyak tinggal dan bertempur. Jumlah yang mati dan terluka dari kedua belah pihak sangat banyak; mencapai angka puluhan ribu.
Kematian Ammar bin Yasir
Diriwayatkan bahwa Ammar bin Yasir keluar dari barisan pasukan dan berkata: “Sesungguhnya aku melihat wajah-wajah yang senantiasa saling membunuh sehingga para penumpas kebatilan mulai ragu. Demi Allah! Seandainya kami berhasil mengalahkan musuh, mereka bagaikan orang-orang yang berpenyakit kurap yang ditelantarkan. Kami melakukan perang atas dasar kebenaran, sementara mereka ata dasar kebatilan”. Setelah itu, Ammar maju ke depan dan menyerang pasukan Muawiyah sambil melantunkan syair:
Sebelumnya kami perangi mereka karena tanzil (dzahir wahyu)
Kini kami perangi mereka karena takwil (batin wahyu)
Perang yang melenyapkan angan-angan dari orangnya
Yang membinasakan kecintaan dari sang pecinta
Atau kebenaran kembali di atas  jalannya
Ammar bin Yasir yang terkenal dengan kebenaran, ketulusan dan keberanian terus maju dan menerobos pertahanan musuh. Anak-anak panah telah menghunjam di tubuhnya, sampai akhirnya Abu Adiyah dan Ibnu Jun As-Siksiki menikamnya sehingga menemui ajal. Ketika berada di atas kepala Ammar, dua orang ini berselisih tentang siapa yang akan memenggal dan mengirimkannya kepada Muawiyah, sementara Abdullah bin Amr bin Ash sedang duduk di tempat kejadian. Ia menukas: “Berusahalah kalian berdua menunjukkan budi pekerti yang baik kepada tuannya. Aku pernah mendengar Rasulullah saw. berkata kepada Ammar bin Yasir: ‘Wahai Ammar! Sekelompok orang yang zalim akan membunuhmu”.
Adapun Ali bin Abi Thalib a.s. sangat resah ketika Ammar bin Yasir muncul ke medan perang. Ia tak henti-hentinya menanyakan keadaan Ammar, sampai akhirnya orang-orang memberitakan kesahidannya. Mendengar itu, Ali a.s. segera  menuju tempat terbunuhnya Ammar. Ia tampak begitu sedih dan menitikkan air matanya. Telah berpisah darinya seorang penolong setia, pemberi nasihat dan saudara yang tepercaya. Kemudian ia menyalati dan mengebumikannya.
Berita kematian Ammar bin Yasir menyebar ke dua belah pihak. Menghadapi berita itu, pasukan Muawiyah mulai gentar dan ragu, karena mereka tahu ihwal  Ammar dan hadis Rasulullah saw. tentang kematiannya. Namun, krisis itu tidak berlangsung lama karena lagi-lagi tipu muslihat Muawiyah mampu meredamnya. Itu dipermudah dengan keluguan bala tentaranya. Muawiyah meyakinkan mereka bahwasanya yang membunuh Ammar adalah mereka yang membawanya ke medan perang. Ironisnya, orang-orang Syam yang lugu itu malah mempercayainya.
Diriwayatkan bahwa kabar tipu muslihat yang diberitakan oleh Muawiyah akhirnya sampai ke telinga Ali bin Abi Thalib dan akhirnya beliau berkata, ‘Kami juga yang membunuh Hamzah karena mengajaknya ikut perang di Uhud?

Muslihat di Balik Angkat Mushaf

Peperangan berlanjut berhari-hari. Tampak pasukan Ali bin Abi Thalib a.s. masih menyimpan ketabahan dan ketegaran, karena tujuan mereka adalah memperjuangkan kebenaran. Lalu Ali a.s. berpidato dan memberi semangat kepada pasukannya untuk terus berjihad di jalan Allah. Ia mengatakan: “Wahai para sahabatku! Kalian telah sampai pada tujuan kalian, dan itulah musuh seperti yang kalian lihat. Yang tersisa dari mereka adalah nafas terakhir. Jika situasi perang ini berbalik, maka yang akhir akan berubah menjadi awal. Mereka telah bersabar melakukan peperangan melawan kita, walaupun tidak di jalan agama. Sementara jihad yang kita lakukan telah melibas mereka. Dan besok, dini pagi, aku akan menghakimi mereka atas dasar hukum Allah.”

Kabar pidato Ali bin Abi Thalib itu terdengar oleh Muawiyah. Ia melihat kekalahan sudah di depan mata pasukannya. Segera ia memanggil Amr bin Ash sebagai konsultannya agar mencarikan rencana peperangan esok hari. Ia berkata kepada Amr: “Sekarang ini malam, bila besok pagi kita belum punya rencana, Ali akan mengalahkan kita. Apa pendapatmu?”
Amr bin Ash berkata: “Menurutku, pasukanmu sudah tidak seperti bala tentara Ali, dan kau juga bukan dia. Ali akan memerangimu karena kebenaran, sedangkan kau memeranginya karena perkara lain. Kau berperang untuk tetap hidup, tetapi dia berperang agar cepat mati. Orang-orang Irak takut kepadamu bila kau memenangkan peperangan ini. Sementara penduduk Syam tidak takut bila Ali yang memenangkan peperangan ini. Sekarang, lemparkan sebuah isu yang bila diterima oleh pasukan Ali sekaligus membuat mereka berselisih satu dengan lainnya, dan bila mereka menolaknya, tetap saja dampaknya sama; mereka akan berselisih. Ajak mereka untuk meletakkan Al-Quran sebagai pemutus dan hakim antara engkau dan mereka”.
Muawiyah segera memerintahkan pasukannya untuk mengangkat mushaf (kitab) Al-Quran ke atas dengan cara menancapkannya di ujung tombak. Orang-orang Syam kemudian berteriak memanggil seterunya dari Irak: “Wahai orang-orang Irak! Ini adalah Kitab Allah di antara kami dan kalian, lengkap dari awal hingga akhir ayat. Siapakah di belakang Al-Quran yang berada di dalam lobang orang-orang Syam, dan siapa pula di belakangnya yang berada di lobang orang-orang Irak?”
Seruan yang penuh dengan tipu muslihat ini bagaikan petir yang menyambar kepala pasukan Ali bin Abi Thalib a.s. Keadaan mulai tidak tenang, timbul bisik-bisik di sana sini. Akhirnya, mereka pun terpengaruh dengan seruan tersebut dan mengatakan: “Kami akan menyambut seruan itu dan mengikutinya. Kami akan kembali kepada Al-Quran”. Dari pasukan Ali yang paling getol mengampanyekan seruan tersebut ialah seorang komandan yang bernama Al-Asy’ats bin Qais.
Menyaksikan keadaan yang semakin kacau dan tak terkendali, Ali bin Abi Thalib a.s. berkata kepada mereka: “Wahai hamba-hamba Allah! Lanjutkan rencana kalian sebagai hak kalian yang berada di atas kebenaran, dan perangi musuh-musuh kalian. Muawiyah, Amr bin Ash, Ibnu Abi Mu’ith, Habib bin Abi Maslamah dan Ibnu Abi Sarh serta Ad-Dhahhak bukanlah orang yang teguh pada agama dan Al-Quran. Aku lebih mengenal mereka daripada kalian. Aku telah mengenal mereka sejak masih kecil sampai besar dan tua. Sejak masa kanak-kanak, mereka adalah orang-orang yang tidak baik. Aku ingin mengingatkan kalian, demi Allah, bahwa tujuan mereka mengangkat Al-Quran hanyalah untuk menipu dan melemahkan kalian. Kalimat yang mereka ucapkan memang benar, namun maksud ucapan mereka adalah kebatilan”.
Mayoritas orang Irak itu berkata kepada Ali bin Abi Thalib dengan memanggil namanya: “Wahai Ali! Kabulkan keinginan mereka sesuai dengan Kitab Allah bila engkau diajak untuk berpegang padanya. Seandainya kau menolak seruan tersebut,  kami akan meninggalkanmu seorang diri dan berperanglah dengan mereka, atau kami akan melakukan sebagaimana yang telah dilakukan terhadap Utsman bin Affan!”
Ali bin Abi Thalib a.s. tidak dapat berbuat apa-apa di depan pasukannya yang telah termakan tipu muslihat musuh. Akhirnya ia berkata: “Bila kalian masih menaati aku, mari kita bergerak dan berperang. Namun bila kalian ingin membangkang dari perintahku, lakukanlah sesuka kalian”.
Di medan pertempuran, Malik Al-Asytar maju dengan gagah berani dan penuh keyakinan. Ia berhasil merangsek ke depan dan memukul mundur barisan musuh sampai mendekati posisi Muawiyah. Sebagian pasukan Ali bin Abi Thalib yang melihat Malik demikian berkata kepada Ali: “Perintahkan bala tentara untuk menemui Malik agar kembali!” Akan tetapi, Malik Al-Asytar tidak menggubris dan mendesak maju. Ia tahu bahwa pengangkatan mushaf Al-Quran hanyalah tipu daya Muawiyah.
Namun, mereka tidak diam dan mengancamnya akan membunuh Ali bin Abi Thalib. Melihat kenyataan itu, Malik Al-Asytar kembali dan langsung menuding mereka sambil mengatakan: “Demi Allah! Kalian telah termakan tipu muslihat musuh. Kalian diminta untuk menghentikan peperangan lalu kalian menerimanya. Wahai orang-orang yang berdahi hitam! Bukankah kita percaya shalat kalian sebagai tameng dari godaan dunia dan menambah kerinduan berjumpa dengan Allah? Apa yang aku lihat hanyalah pelarian kalian dari kematian menuju dunia”.
Mereka maju ke depan dan menjawab bahwa Ali bin Abi Thalib setuju dengan seruan Muawiyah. Padahal, Ali hanya terdiam, tidak berkata satu patah kata pun sambil mengelus kepala dengan sedih. Pasukannya benar-benar telah termakan oleh tipu daya dan perang urat syaraf yang dilancarkan oleh musuh, sampai akhirnya  mereka menjadi pembangkang. Ali tidak lagi sanggup berbuat apa-apa. Ia  mengungkapkan apa yang mengganjal di hatinya: “Bila kemarin aku adalah pemimpin kalian, kini aku menjadi rakyat yang dipimpin. Dan bila kemarin aku melarang kalian untuk berbuat sesuatu, kini aku yang dilarang oleh kalian”.

Tahkim (Penghakiman) dan Rekonsiliasi

Ternyata, ujian yang menimpa Ali bin Abi Thalib tidak hanya datang dari pasukannya yang telah teperdaya. Karena, mungkin sekali setelah itu pasukan musuh akan  mendapatkan kepentingan politis lewat perundingan yang akan diadakan sebagai konsekuensi menerima seruan sebelumnya. Peluang tersebut akan semakin terbuka bila para pembangkang perintah Ali a.s. mau mengikuti permainan yang sedang dijalankan musuh; dengan memilih seorang juru runding dalam proses rekonsiliasi tersebut. Bila itu sampai terjadi, Ali sudah mempersiapkan orang untuk berunding dengan pihak Muawiyah. Orang itu adalah Abdullah bin Abbas atau Malik Al-Asytar, sebab ia percaya pada keikhlasan dan kewaspadaan dua sahabat ini.

Namun pada saat yang sama, orang-orang yang telah teperdaya oleh provokasi Muawiyah bersikeras agar Abu Musa Al-Asy’ari dijadikan sebagai juru runding mereka. Ali bin Abi Thalib segera berbicara tegas: “Sebelum ini, kalian telah membangkang perintahku, maka sekarang jangan kalian membangkang lagi. Aku tidak mengutus Abu Musa karena dia tidak bisa dipercaya. Dia telah memisahkan dirinya dariku dan menjauhkan orang-orang dariku; ketika hendak berperang dengan pasukan Aisyah di Kufah, kemudian ia lari dariku lalu aku memberi jaminan keamanan kepadanya beberapa bulan setelah kejadian itu”.
Muawiyah dan Amr bin Ash mampu memorak-porandakan kubu Ali bin Abi Thalib karena dibantu dari dalam oleh Al-Asy’ats bin Qais yang memainkan peran musuh dalam selimut. Secara aklamatif, Amr bin Ash terpilih menjadi juru runding kubu Muawiyah untuk merumuskan poin-poin kesepakatan bersama Abu Musa Al-Asy’ari. Amr tidak menyetujui penyantuman kata ‘Amir Mukminin’ di akte perjanjian. Ali a.s. langsung teringat dan berkata: “Inilah hari yang sama pada perjanjian damai Hudaibiyah, ketika Suhail bin Umar berkata kepada Nabi: ‘Engkau bukan rasul Allah’. Lalu Nabi berkata kepadaku: “Apa yang terjadi padaku kelak akan menimpamu. Engkau terpaksa menerimanya karena kondisimu waktu itu tertekan”.
Poin penting dalam perjanjian itu adalah gencatan senjata dan pembubaran perang, dan kedua pihak harus kembali kepada Kitab Allah dan Sunah Nabi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Pelaksanaan kesepakatan yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak ditunda hingga bulan Ramadhan tahun 37 H. Perjanjian itu sendiri ditulis pada bulan Safar di tahun yang sama.
Yang aneh adalah masalah penuntutan balas atas pembunuhan Utsman bin Affan. Masalah ini sama sekali tidak dicantumkan, walaupun hanya sekedar sinyalemen saja. Padahal sebelumnya, penuntutan balas ini telah dijadikan alasan peperangan oleh orang-orang seperti Muawiyah dan kroni-kroninya; mereka yang diberi amnesti pasca pembebasan kota Mekkah.
Dan telah disepakati bahwa tempat perundingan dua juru itu untuk prose tahkim akan diadakan di Daumatul Jandal.

Langkah Cerdas Malik Al-Asytar

Diriwayatkan bahwa Malik Al-Asytar diminta untuk menjadi saksi tahkim dan perjanjian rekonsiliasi tersebut dan hendaknya membubuhkan tanda tangan di dalamnya. Malik Al-Asytar berkata: “Tangan kanan dan kiriku tidak dapat membantuku untuk menuliskan nama di atas akte perjanjian ini. Bukankah ini akan menjadi bukti di hadapan Tuhanku atas kebenaran sikapku dalam menghadapi musuh? Dan bukankah kalian telah melihat kemenangan di hadapan mata?!”

Mereka mencoba mengadukan sikap Malik itu kepada Ali bin Abi Thalib a.s., bahwa ia tetap menolak apa yang telah disepakati dalam perjanjian, dan bahwa ia menginginkan agar terus berperang dan mengalahkan musuh.
Ali bin Abi Thalib a.s. menjawab: “Demi Allah! Aku sendiri tidak rela dan belum memberikan jawaban atas apa yang telah kalian lakukan”. Lalu ia menambahkan: “Aku sangat berharap bila saja aku memiliki dua orang seperti Malik Al-Asytar di antara kalian. Andai ada seorang saja dari kalian yang sepertinya; dalam memandang musuh sebagaimana aku memandang, tentu ia akan meringankan bebanku dari kalian. Aku sangat berharap ada sebagian yang tetap bertahan untuk melanjutkan peperangan, dan ini akan membuatku rela pada kalian. Aku telah melarang, namun kalian tetap saja membangkang laranganku. Demi Allah! Kalian telah melakukan perbuatan yang menghancurkan kekuatan kita, meruntuhkan kenikmatan serta meninggalkan kelemahan dan kehinaan”.

Ali Kembali dan Khawarij Menyempal

Ali bin Abi Thalib a.s. kembali ke Kufah dengan berat hati, perasan yang berkecamuk dan dengan kesedihan yang dalam. Ia melihat kebatilan yang diusung oleh Muawiyah mulai menguat dan hampir sempurna. sementara dari sisi lain, ia melihat pasukannya yang telah menjadi pembangkang yang tidak lagi taat pada perintahnya.

Ali bin Abi Thalib a.s. memasuki kota Kufah dan melihat penduduk kota sedih meratapi mereka yang terbunuh di medan perang. Pada saat yang sama, ada sekelompok orang dari pasukannya yang berjumlah dua belas ribu memisahkan diri dari induk pasukan. Mereka tidak ikut dengan pasukan Ali memasuki kota Kufah, namun melintasi daerah Bahrwara’.
Kelompok ini kemudian mengangkat panglima perang dari mereka sendiri. Dia bernama Syabts bin Rub’i. Sementara sebagai imam shalat, mereka mengangkat Abdullah bin Kawai Al-Yasykari. Setelah itu, mereka bersama-sama mencampakkan baiat mereka kepada Ali bin Abi Thalib lalu menyerahkannya ke proses pemilihan kaum muslimin sendiri. Sikap mereka ini muncul setelah penulisan perjanjian damai antara pasukan Ali bin Abi Thalib dan pasukan Muawiyah. Ini sungguh aneh, karena dengan begitu berarti mereka tidak setuju dengan semboyan “Tidak ada hukum selain hukum Allah”, padahal merekalah yang mendesak Ali bin Abi Thalib untuk menerima tahkim (penghakiman) atas dasar Kitab Allah.
Ali bin Abi Thalib berusaha meluruskan cara pandang mereka melalui nasihat. Untuk itu, ia mengirim Abdullah bin Abbas sebagai utusannya dan mewanti-wantinya agar tidak terburu-buru terlibat dalam perdebatan dengan mereka, karena itu bisa membangkitkan kebencian dan emosi permusuhan mereka. Kemudian ia menyusul Abdullah bin Abbas. Di sana ia berbicara, berargumentasi dan meruntuhkan klaim mereka. Kelompok sempalan ini kemudian menerima apa yang disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib dan ikut bersama-sama memasuki kota Kufah.

Pertemuan Dua Utusan 

Tibalah saatnya pertemuan kedua juru runding dari Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah. Ali mengutus empat ratus orang yang dipimpin oleh Syuraih bin Hani. Ia juga memerintahkan Abdullah bin Abbas untuk menyertai mereka, menjadi imam shalat jama’ah dan mengatur urusan mereka. Abu Musa Al-Asy’ari juga berada dalam  rombongan. Sedangkan Muawiyah mengutus empat ratus orang yang dikepalai oleh Amr bin Ash. Kedua kelompok ini kemudian bertemu di Daumatul Jandal.

Sebelum segala sesuatu, beberapa orang dari sahabat tepercaya Ali bin Abi Thalib a.s. segera memberikan pengarahan kepada Abu Musa Al-Asy’ari. Mereka berusaha sekuat tenaga mengarahkannya agar memahami secara baik bagaimana mengambil keputusan. Mereka sangat kuatir akan tipu muslihat Amr bin Ash.

Keputusan Tahkim (penghakiman)

Bertemulah dua juru runding dari kedua belah pihak; Abu Musa Al-Asy’ari dan Amr bin Ash. Abu Musa adalah seorang yang buta politik, lemah akidah dan kurang percaya pada Ali bin Abi Thalib a.s. Sementara Amr bin Ash terkenal sebagai ahli diplomasi, cerdik, ahli muslihat dan senang melihat Ahlul  Bait a.s. enyah dari medan politik. Selain itu, ketamakannya akan kekuasaan yang didukung oleh mitra politiknya; Muawiyah bin Abu Sufyan.

Tidak berapa lama pertemuan itu berlangsung, Amr bin Ash sudah dapat mengetahui titik-titik lemah Abu Musa Al-Asy’ari dan bagaimana cara menguasainya sehingga dia dapat melakukan keinginannya. Mereka berdua sepakat untuk bertemu di ruang tertutup untuk menggugurkan kekhalifahan Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah. Kemudian, kedua-duanya memilih Abdullah bin Umar bin Khatthab sebagai khalifah kaum muslimin.
Ketika itu, Ibnu Abbas memperingatkan Abu Musa Al-Asy’ari agar berhati-hati dan tidak tidak terjebak ke dalam kelicikan Amr bin Ash. Kepadanya Ibnu Abbas berkata: “Waspadalah! Demi Allah, aku punya firasat bahwa Amr bin Ash telah menipumu, dan kalian berdua telah bersepakat atas satu perkara yang tidak engkau kehendaki. Ingat! Aku mengusulkan kepadamu agar memberikan kesempatan lebih dahulu kepada Amr bin Ash untuk berbicara, setelah itu giliranmu untuk berbicara. Amr bin Ash adalah seorang yang cerdik dan licik. Aku tidak percaya bahwa dia akan memberikan engkau kesempatan yang membuatmu dan dia rela dan sepakat. Bila engkau berdiri di hadapan manusia, ia akan membelakangimu dan tidak akan menyetujui keputusanmu”.
Namun, Abu Musa Al-Asy’ari berdiri dan berbicara di hadapan khalayak.  Kemudian dia menurunkan Ali bin Abi Thalib a.s. dari kekhilafahan. Setelah itu, giliran Amr bin Ash berdiri dan berpidato lalu menegaskan kembali penurunan Ali yang dilakukan Abu Musa itu. kemudian, dia menetapkan Muawiyah bin Abu Sufyan sebagai khalifah.
Dengan tipu muslihat itulah Muawiyah memenangkan pertarungannya dengan Ali bin Abi Thalib a.s. Orang-orang Syam kemudian mengucapkan selamat kepadanya sebagai pemimpin kaum muslimin. Sementara di sisi lain, orang-orang Irak tenggelam dalam fitnah dan mulai percaya akan kesalahan apa yang telah mereka lakukan selama ini. Setelah peristiwa itu, Abu Musa Al-Asy’ari segera melarikan diri ke kota Mekkah. Sedangkan Ibnu Abbas dan Syuraih kembali ke Kufah menemui Ali bin Abi Thalib a.s.

Ali bin Abi Thalib dan Mariqin (Khawarij)

Dapat dikatakan bahwa, secara alami, munculnya Khawarij karena peperangan yang terjadi di Jamal dan Shiffin. Sebagaimana tidak dapat di pisahkan penyimpangan yang terjadi pada mereka dalam masalah kekhalifahan dikarenakan penyimpangan mereka dari garis Ahlul Bait a.s. Salah satu sifat penting orang-orang Khawarij adalah kebekuan, kejumudan, kontekstual dalam memahami agama,, fanatisme, kekerasan dan ketidakmampuan membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Mereka sangat cepat dipengaruhi oleh isu dan dengan sedikit keraguan mereka akan kembali kepada sikap awalnya.

Nabi sendiri sebelumnya telah menjelaskan sifat-sifat mereka. Diriwayatkan dari Nabi saw.: “Akan keluar dari umat ini—tanpa menyebutkan nama—sebuah kelompok yang meremehkan shalat kalian dibandingkan dengan shalat mereka. Mereka membaca Al-Quran, tapi tidak lebih dari pelasnya suara dari tenggorokan. Mereka keluar dari agama bagaikan anak panah yang lepas dari busurnya”.
Ali bin Abi Thalib tidak mampu mengobati penyakit dan penyimpangan orang-orang Khawarij. Pemberontakan dan peperangan di perang Jamal dan Shiffin dalam waktu singkat lebih dahulu dari usaha yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib. Barangkali dapat dianalisis kemunculan golongan Khawarij ini pada beberapa poin:
Frustrasi dan lemah dalam mewujudkan kemenangan, khususnya peperangan Ali bin Abi Thalib a.s. melawan pembangkangan orang-orang yang mengaku muslim secara lahiriah. Golongan Khawarij gagal memahami upaya Ali a.s. untuk menyelesaikan masalah dengan para pembangkang. Mereka tidak kuasa menerima hasil tahkim. Pada waktu yang sama, mereka sendiri yang memaksa Ali bin Abi Thalib a.s. untuk menerima proses tahkim. Mereka tidak berani menghadapi diri sendiri setelah menemukan penyimpangan yang dilakukan. Akhirnya mereka berusaha untuk membiarkan dan melemparkan kesalahan-kesalahan kepada orang lain yang tidak lain Ali bin Abi Thalib a.s.
kejumudan mereka terhadap kebebasan berpikir yang telah dibuka lebar-lebar oleh Ali bin Abi Thalib a.s. agar umat dapat berusaha dan memahami risalah Islam. Diriwayatkan bahwa golongan Khawarij bahkan mengkritik Ali a.s. di tengah-tengah pidatonya dengan klaim, La hukma illa lillah; tidak ada hukum kecuali hukum Allah. Jawaban Ali kepada mereka tidak lain adalah, “Ungkapan benar dengan maksud buruk”. Ali a.s menambahkan: “Kalian memiliki tiga kekhususan di sisi kami; Kami tidak melarang kalian untuk melakukan salat di masjid-masjid kami, Kami tidak mencegah kalian untuk mendapatkan ganimah selama kalian ikut berperang dengan kami, dan kami tidak akan memerangi kalian sampai kalian yang mendahului”. Dari sini, pergerakan orang-orang Khawarij yang pada mulanya bersifat individual menjadi terorganisir dalam sebuah golongan.

Ali dan Keputusan Tahkim

Begitu mendengar hasil perundingan Abu Musa Al-Asy’ari dan Amr bin ‘Ash, Ali bin Abi Thalib sangat terpukul dan tersiksa. Kemudian ia berpidato di hadapan khalayak umat, mendorong mereka dan menunjukkan bagaimana cara memperbaiki kesalahan fatal yang telah mereka lakukan. Ia mengatakan: “Sesungguhnya mencoba berpaling dari nasihat orang yang berpengalaman dan amat prihatin terhadap masalah hanya akan menghasilkan penyesalan di kemudian hari. Pelaku pemimpin, aku telah memerintahkan kalian untuk tetap berperang. Aku telah memilih  untuk kalian dari khazanah pandanganku; yang bila ditaati akan mencapai tujuan lebih cepat. Namun, kalian enggan mengikutinya, bahkan berpaling bak oposan yang bermaksiat sehingga penasihat pun menjadi ragu dengan nasihatnya, dan tangan yang kikir pun ragu dengan keburukannya. Aku telah memperingatkan kalian senada kalimat saudara Hawazin:
“Sungguh aku tlah perintahkan kalian dengan menurunkan bendera Kalian tak dapat kejelasan dari nasihat kecuali di pagi esok
“Ketahuilah kedua orang ini! Abu Musa Al-Asy’ari dan Amr bin Ash yang kalian pilih sebagai utusan kalian telah mencampakkan hukum Al-Quran ke belakang. Mereka menghidupkan apa yang telah dihancurkan oleh Al-Quran. Mereka hanya mengikuti hawa nafsu tanpa tuntutan dari Allah swt. Hukum dan keputusan yang diambil oleh keduanya tidak dapat diterima, karena bukan argumentasi yang jelas dan sunah yang tegas. Keduanya berselisih dalam hukum dan keputusan, sementara mereka tidak mendapat hidayah. Allah berlepas tangan dari keduanya, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin yang saleh. Persiapkan diri kalian untuk bergerak menuju Syam. Berkumpullah kalian dalam pasukan kalian, Insya Allah!”.
Ali bin Abi Thalib kemudian menulis surat kepada Abdullah bin Abbas agar mempersiapkan orang-orang Basrah untuk bergabung dengan pasukannya dan memerangi Muawiyah. Abdullah bin Abbas segera mengumpulkan orang-orang Basrah dan bergabung di kota Kufah dengan pasukan Ali. Akan tetapi, kelompok Khawarij malah melakukan tindakan-tindakan provokatif; di mana pada awalnya mereka berkumpul di Basrah dan Kufah malah bergerak menuju Nahrawan. Penyempalan kelompok Khawarij secara diam-diam ini sangat menggusarkan Ali bin Abi Thalib a.s., karena ada kemungkinan mereka melakukan pembelotan; yakni berangkat ke Syam lalu bergabung dengan Muawiyah. Oleh karena itu, pasukan meminta Ali agar lebih dahulu menghabisi Khawarij.
Provokasi lain yang dilakukan oleh golongan Khawarij ialah menangkap Abdullah bin Khabbab dan istrinya lalu membunuhnya. Mereka membelah perut istrinya kemudian memasukkan barang saja yang bisa dimasukkan. Demikian juga mereka membunuh Al-Harits bin Murrah Al-Abdi; utusan Ali bin Abi Thalib a.s.

Perang dengan Khawarij

Golongan Khawarij berkumpul di dekat Nahrawan sebagai basis kekuatan. Ali bin Abi Thalib berkali-kali berusaha meyakinkan mereka agar meninggalkan sikap, pemikiran, pembangkangan dan usaha mereka untuk tetap berperang. Yang menguasai mereka hanyalah kebodohan, kesesatan dan aksi pemaksaan dan kekerasan.

Kemudian Ali bin Abi Thalib menyiapkan pasukannya dan memberikan arahan akhlak Islam tentang cara bersikap dengan golongan Khawarij, terutama dalam kondisi seperti ini. Hal yang sama pernah dilakukannya pada peperangan sebelumnya. Ketika sampai di tempat mereka, Ali mengutus seseorang untuk menuntut pembunuh Abdullah bin Khabbab, istrinya dan utusan sebelumnya; Al-Harits bin Murrah. Mereka menjawab sepakat: “Kami semua yang membunuhnya, maka kami semua juga yang harus kalian qisas”.
Ali bin Abi Thalib mengutus Qais bin Saad dan Abu Ayub Al-Anshari kepada kelompok Khawarij untuk menasihati mereka. Ali bin Abi Thalib masih berusaha agar mereka masih dapat memahami kejadian apa sebenarnya yang terjadi serta berusaha agar tidak lagi terjadi pertumpahan darah yang lebih antara sesama muslim. Setelah itu Ali bin Abi Thalib sendiri yang menemui mereka dan berkata:
‘Wahai kelompok yang muncul dikarenakan permusuhan yang pada akhirnya tidak mau lagi melihat kenyataan dan kebenaran. Kelompok yang mengikuti ketamakan yang pada akhirnya akan menemui hasil yang tidak diinginkan. Aku adalah seorang pemberi peringatan kepada kalian. Jangan berbuat sesuatu yang kelak umat akan melaknat kalian dan terpelanting di dalam lembah ini, menuai bau busuk tanpa alasan dan argumentasi yang jelas dari Tuhan kalian’. Ali bin Abi Thalib kemudian menjelaskan kepada mereka kalau ia sejak awal tidak suka dengan proses penghakiman (tahkim). Ali bin Abi Thalib juga tidak lupa menerangkan sebab-sebab ketidaksetujuannya dengan jelas bahkan beliau menyalahkan mereka yang telah memaksanya untuk menerima penghakiman. Ali bin Abi Thalib juga menambahkan bahwa kedua orang yang menjadi wakil dari kedua belah pihak tidak bersandarkan Al-Quran dan Sunah Nabi. Saat ini Ali bin Abi Thalib ingin menghadapi Muawiyah bin Abu Sufyan untuk yang kedua kalinya. Oleh karenanya, beliau menyayangkan mengapa mereka harus keluar dari barisannya. Semua yang diucapkan tidak didengar oleh kelompok Khawarij bahkan menuntutnya agar segera bertaubat dengan cara mengkafirkan dirinya sendiri kemudian mengumumkan taubatnya. Mendengar itu Ali bin Abi Thalib lantas menjawab:
‘Kalian telah diterpa angin yang disertai debu, tidak ada seorang pun dari kalian yang keimanannya dapat melebihiku terhadap Rasulullah saw. Aku melakukan hijrah bersamanya dan bagaimana aku berjihad di jalan Allah. Dengan semua ini aku harus mengatakan kekafiranku? Bila memang demikian berarti kalian telah betul-betul sesat sedangkan aku adalah orang yang termasuk dari orang-orang yang mendapat hidayah. Ali kemudian meninggalkan mereka. Kelompok Khawarij maju ke depan dan memilih untuk berperang. Ali tidak punya pilihan lain. Ia kemudian menyiapkan pasukannya untuk menghadapi kelompok Khawarij. Pada saat-saat terakhir Ali masih sempat mengirim Abu Ayub Al-Anshari untuk mengangkat bendera pengamanan kepada kelompok Khawarij sambil berteriak lantang, ‘Barang siapa yang kemudian menuju bendera ini maka ia akan aman. Barang siapa yang kemudian tidak ingin melanjutkan peperangan dan kembali ke Kufah dan daerah Madain maka ia aman. Kami tidak akan menyulitkan orang-orang seperti yang telah kami sebutkan. Kami hanya berurusan dengan orang-orang yang telah membunuh saudara-saudara kami’.
Sejumlah besar orang-orang dari kelompok Khawarij yang kemudian meninggalkan induk pasukannya. Ali bin Abi Thalib kemudian berkata kepada sahabatnya, ‘Biarkan dan jangan berperang sampai mereka yang mendahului!
Kelompok Khawarij kemudian mulai menyerang dengan meneriakkan ‘tidak ada hukum kecuali Allah. Mari dengan tenang kita menuju surga. Peperangan terjadi. Tidak lebih dari satu jam peperangan terjadi, banyak dari kelompok Khawarij yang terbunuh. Yang selamat dari mereka tidak lebih dari sepuluh orang. Sementara dari pihak Ali bin Abi Thalib yang terbunuh tidak lebih dari sepuluh orang.
Ketika medan perang menjadi tenang dan perang telah berakhir, Ali bin Abi Thalib memerintahkan untuk dihadapkan seseorang yang bernama Dzu As-Tsudyah, salah satu komandan pasukan kelompok Khawarij. Ali bin Abi Thalib bersikeras agar orang tersebut didatangkan karena Rasulullah saw pernah berkata kepadanya bahwa dalam peperangan dengan kelompok Khawarij ada salah satu komandannya yang bernama Dzu As-Tsudyah. Ketika mereka mencari dan menemukan orang yang bernama Dzu As-Tsudyah segera mereka menghadapkannya ke depan Ali bin Abi Thalib. Ali kemudian berkata, ‘Allahu Akbar! Engkau tidak berbohong dan engkau, Rasulullah saw, tidak pernah membohongi siapa pun. Seandainya aku tidak khawatir kalian akan melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat mengundang fitnah niscaya aku ceritakan kepada kalian tentang apa yang diceritakan Allah lewat lisan Nabi-Nya siapa saja yang akan membunuh kalian. Rasulullah saw tahu dengan pasti apa yang sedang kita lakukan sekarang’. Setelah itu beliau kemudian melakukan sujud syukur kepada Allah swt.

Pendudukan Mesir

Setelah terjadi pembunuhan Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib mengangkat Qais bin Saad bin Ubadah Al-Anshari sebagai gubernur Mesir. Setelah itu beliau melihat bahwa Muhammad bin Abu Bakar lebih tepat menduduki jabatan itu dan kemudian menggantikan Qais bin Saad dengan Muhammad bin Abu Bakar. Muawiyah bin Abu Sufyan masih merasa gelisah karena Mesir belum dikuasainya. Dan itu setelah kekacauan yang terjadi dalam masyarakat Islam setelah perang. Untuk itu, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Amr bin Ash bergerak menuju Mesir untuk mendudukinya sekaligus sebagai upah dari jerih payah Amr bin Ash yang dengan ide dan tipu muslihat berhasil merusak pemerintahan Ali bin Abi Thalib dan menghancurkan agama. Ali bin Abi Thalib berusaha mensuplai Muhammad bin Abu Bakar dengan pasukan dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan setelah mendengar Muawiyah bin Abu Sufyan ingin menguasai Mesir. Namun tidak lama ketika terdengar kabar bahwa Mesir telah dikuasai oleh Muawiyah bin Abu Sufyan dan pasukannya sementara Muhammad bin Abu Bakar mati dibunuh oleh mereka. Mendengar kematian Muhammad bin Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib sangat bersedih. Setelah itu, Ali kemudian menetapkan Malik Al-Asytar sebagai wali kota Mesir akan tetapi Muawiyah yang melakukan apa saja dengan menghalalkan segala cara berhasil membunuh Malik Al-Asytar dengan racun.

Kehancuran dan Perpecahan Umat Islam

Penyimpangan yang terjadi sejak peristiwa Saqifah dan tampak secara jelas di masa-masa akhir kepemimpinan Ali bin Abi Thalib a.s. Muawiyah dan orang-orang sejenisnya mulai melakukan rongrongan terhadap Islam dari dalam dengan memecah belah ikatan yang masih tersisa dalam masyarakat muslim sebelum merusaknya. Setelah aksi perusakan itu, mereka kemudian membangun sebuah masyarakat yang sesuai dengan maksud dan kepentingan mereka.
Dengan memperhatikan secara seksama keadaan umat setelah tiga pertempuran yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib a.s., terdapat beberapa poin penting yang bisa diuraikan:
Ali bin Abi Thalib dan umat Islam menanggung musibah dengan ketiadaan  para sahabat yang sadar dan berpengaruh dalam masyarakat dan pergerakan risalah Islam. Keberadaan mereka dapat memudahkan pembangunan umat yang saleh yang sesuai dengan metode Al-Quran dan Sunah dengan dipimpin oleh Ali a.s.. Kini, ketiadaan mereka membuatnya sangat bersedih. Hal itu dapat dilihat dari caranya memperkenalkan budi dan kebaikan mereka: “Sahabat-sahabat kita yang telah mengucurkan darahnya di perang Shiffin tidak lagi merasakan kesulitan bila mereka hidup saat ini, tetntu mereka akan menjalani kesedihan dan kepahitan. Demi Allah! Sungguh mereka telah menemui Allah dan Dia telah memberikan pahala mereka dan menempatkan mereka di tempat yang damai setelah masa ketakutan. Sekarang, mana sahabat-sahabatku yang menempuh jalan ini memperjuangkan kebenaran? Mana Ammar? Mana Abu At-Tihan? Mana Dzu Syahadatain? Mana orang-orang yang telah sepakat untuk melakukan kejahatan?”
Kemudian, Ali bin Abi Thalib meletakkan tangannya di atas anak perempuannya dan melanjutkan tangisannya. Setelah itu, beliau berkata keluh: “Aaah, terasa berat bagiku akan sahabat-sahabatku yang membaca Al-Quran lalu menguatkan kesadaran mereka akan kewajiban memahami dan melaksanakannya. Mereka menghidupkan Sunah Nabi dan melenyapkan bid’ah. Ketika diajak untuk melakukan jihad, mereka menyambutnya. Mereka percaya pada pemimpin dan menaatinya”.
Pembangkangan pasukan, perpecahan dan munculnya kelemahan lantaran keletihan dalam berperang dan saking banyaknya orang Irak yang menjadi korban. Sementara warga Irak adalah tulang punggung pasukan Ali bin Abi Thalib. Semua ini membuat Khalifah muslimin ini tidak mampu, meski dengan segenap kekuatan retorika yang luar biasa, mendorong mereka untuk bertahan dan menjadi basis untuk melanjutkan peperangan. Dari sisi lain, untuk mengacaukan pasukan Ali, Muawiyah senantiasa membujuk para tokoh kabilah dan orang-orang yang tampaknya menantikan keuntungan duniawi. Ia selalu mengiming-imingi mereka dengan harta dan posisi bila mereka mau bekerja sama untuk melemahkan kekuatan Ali dan pasukannya. Usaha ini berhasil sehingga Ali bin Abi Thalib gagal menyiapkan pasukan An-Nakhilah (nama tempat berbasisnya pasukan Ali untuk memerangi Muawiyah pada kali terakhir) untuk menyerang pasukan Muawiyah setelah perang Nahrawan. Kegagalan ini terjadi lantaran mayoritas pasukan itu kembali ke kota Kufah secara diam-diam, sehingga Ali a.s. membubarkan pasukan yang telah disiapkan untuk menyerang Muawiyah, dan rencana perang pun ditunda sampai ada kesiapan.
Kondisi yang ada sat itu lebih memihak kubu Muawiyah ketimbang ke Ali bin Abi Thalib dan umat Islam, seperti banyaknya aksi perampokan dan penyiksaan, belum lagi tingginya tinggi pembunuhan dan teror di dalam negara Islam. Kondisi ini dimulai dengan kerusuhan di sekitar Irak. Muawiyah mengutus Nu’man bin Basyir Al-Anshari untuk melakukan perampokan di daerah Ain At-Tamr. Sufyan bin Auf diperintahkan untuk melakukan perampokan dan pembunuhan di daerah Hit kemudian menyebar ke Al-Anbar wa Al-Madain sampai ke daerah Waqishah. Di samping itu, Muawiyah juga mengutus orang-orang seperti Dhahhak bin Qais Al-Fihri ke daerah-daerah lain. Setiap kali terjadi aksi kerusuhan, Ali bin Abi Thalib senantiasa menyeru masyarakat untuk mempertahankan diri dalam menghadapi aksi kejahatan yang terorganisir di bawah perintah Muawiyah. Namun, masyarakat tidak tanggap mendengarkan seruannya. Di sini, kekuatan Ali a.s. semakin melemah; kebalikan dari kekuatan Muawiyah yang semakin bertambah.
Belum puas melakukan kerusuhan di sekitar Irak, Muawiyah juga mengutus Basar bin Urthah untuk melanjutkan tindak kriminalnya di daerah Jijaz dan Yaman. Pada masa-masa itu, pelanggaran hukum dan kerusuhan menjadi pemandangan yang biasa yang acapkali diakhiri dengan teror terhadap orang-orang baik. Melihat kondisi yang semakin buruk, Ali bin Abi Thalib a.s. sangat sedih dan tertekan dengan aksi para perusuh yang menghina dan merendahkan manusia. Ia mengungkapkan perasaannya: “Ya Allah! Aku sudah berusaha menasihati, mengingatkan dan mengubah mereka sampai  aku benar-benar merasa jemu, sementara perilaku mereka membuatku putus harapan. Gantikan mereka dengan orang-orang yang lebih baik, atau gantikan aku dengan pemimpin buruk untuk mereka!”.
Pada dasarnya, Ali bin Abi Thalib a.s. telah memperingatkan umat Islam akan gelapnya masa depan yang akan mereka jalani sebagai akibat dari keengganan membela kebenaran. Bahkan sebaliknya, mereka berusaha menghinakan kebenaran. Ali a.s. berkata: “Ketahuilah! Sepeninggalku nanti kalian akan mengalami kehinaan di bawah pedang tajam yang menguasai kalian. Kalian akan dizalimi dan kezaliman ini akan menjadi kebijakan dan teladan bagi penguasa yang datang setelahnya. Kesatuan umat kalian akan dicabik-cabik. Air mata kalian akan mengucur dan meratapi nasib kalian sementara kalian hidup dalam kesengsaraan. Sebagian kecil saja dari kalian yang peduli pada kondisiku dan mau membelaku. Kelak kalian akan melihat nanti bahwa apa yang kukatakan inikepada kalian adalah kenyataan”.

Usaha Terakhir Ali bin Abi Thalib

Melihat kondisi yang semakin sulit lantaran aksi-aksi kerusuhan di berbagai tempat dan keberhasilan Muawiyah dalam menebarkan kekacauan dan ketakutan di negeri-negeri Islam, Ali bin Abi Thalib a.s. bersiap-siap untuk melakukan penyerangan besar-besaran. Untuk itu, ia berusaha membangkitkan kembali umat Islam. Ia  berpidato dan memperingatkan mereka:

“Ketahuilah! Aku telah letih menasihati dan berbicara kepada kalian. Sekarang, katakan kepadaku apa yang telah kalian lakukan? Bila kalian siap menyertaiku memerangi musuh, tentu ini yang aku inginkan. Bila kalian tidak ingin melakukan apa-apa, biarkan aku yang menujukkan dan memutuskan apa yang harus kalian lakukan. Demi Allah! Bila kalian semua tidak keluar bersamaku untuk memerangi musuh kalian lalu Allah menurunkan hukum-Nya kepada kita dan mereka—Sungguh Allah sebaik-baik yang menghakimi—niscaya aku akan berdoa kepada Allah agar kalian celaka lalu ditawan oleh musuh kalian. Aku akan tetap keluar menyerang musuh, walaupun dengan sepuluh orang”.
Melalui peringatan ini, Ali bin Abi Thalib berharap dapat menggugah jiwa  masyarakat dan agar mereka yakin bahwa Ali akan keluar sendiri dengan keluarga dan beberapa sahabat khususnya melawan Muawiyah, sekalipun tidak ada yang membelanya. Keyakinan mereka begitu kuat sehingga bila tidak mengikuti Ali bin Abi Thalib, niscaya akan celaka di Hari Akhirat. Oleh karena itu, para tokoh masyarakat menyambut seruan Ali untuk memerangi Muawiyah dan menghancurkan para perusuh. Orang-orang pun keluar dan berkumpul dengan segala perlengkapan militernya di daerah An-Nakhilah di luar kota Kufah. Sebagian komandan dari induk pasukan bergerak lebih dahulu dari yang lain bersama Ali. Namun demikian, mereka tetap menunggu hingga akhir bulan Ramadhan untuk memulai penyerangan.
Sang Syahid Mihrab
Kejahatan telah menguasai dunia Islam. Kebenaran tidak lagi dapat mengibarkan benderanya, tidak ada tangan yang diulurkan untuk melakukan perbaikan, tidak ada suara yang dapat diteriakkan guna menyingkap kejahatan orang-orang zalim. Kemarin, Abu Sufyan melakukan muslihat untuk membunuh Nabi Muhammad saw. agar risalah ilahiah terkubur untuk selama-lamanya. Namun semua usaha itu tidak dikehendaki oleh Allah swt. Kehendak Allah hanyalah menyempurnakan cahaya-Nya.
Sekarang, dengan memanfaatkan penyimpangan yang berlangsung  sejak peristiwa Saqifah, Muawiyah berusaha menyempurnakan apa yang telah dimulai oleh ayahnya dalam rangka menghancurkan Islam. Di bantu oleh potensi kebodohan dan kesesatannya, dia menyiapkan rencana untuk membunuh jantung umat Islam, penyambung lisan kebenaran, pembawa panji Islam dan penghidup syariat.
Kesesatan yang telah lama menuntun kaki mereka sekali lagi menyeret mereka untuk mematikan cahaya hidayah dan melanggengkan kegelapan demi menyiapkan penyelewengan dan kejahatan. Kemudian, tangan-tangan setan itu berjabatan tangan dengan Ibnu Muljam di kegelapan malan. Pedang itu menebas kepala seorang yang telah lama membelakangi dunia dan menghadap rumah Allah dalam keadaan sujud. Ia pun dibiarkan begitu saja.
Sekelompok orang-orang sesat telah berkumpul untuk membunuh Ali bin Abi Thalib a.s. Tidak sulit untuk menyimpulkan bahwa aktor intelektualnya adalah Muawiyah bin Abu Sufyan. Kesepakatan mereka adalah membunuh Ali a.s. ketika ia melaksanakan shalat subuh. Karena, tidak satu pun dari mereka yang berani berhadap-hadapan langsung dengan singa Allah.
Pada waktu itu, tepat malam kesembilan belas dari bulan Ramadhan. Ali bin Abi Thalib a.s. banyak melakukan perenungan dengan melihat-lihat angkasa. Ia senantiasa mengulang-ulang kalimat ini: “Engkau tidak berbohong dan tidak pernah membohongi orang lain. Malam ini adalah waktu yang engkau janjikan”.
Ali bin Abi Thalib menghabiskan malamnya dengan berdoa dan bermunajat kepada Allah swt. Setelah itu, beliau keluar dari rumah menuju masjid untuk menunaikan shalat subuh. Sesampainya di masjid, ia membangunkan orang-orang yang terbiasa beribadah di sana lalu terbawa tidur. Beliau membisikkan: “Shalat... shalat...!”
Setelah itu, Ali bin Abi Thalib a.s. menunaikan shalatnya. Ketika beliau tengah asyik bermunajat kepada Allah, tiba-tiba seorang durjana celaka bernama Abdurrahman bin Muljam mengucapkan semboyan kelompok Khawarij dengan suara lantang: La hukma illa lillah; Tiada hukum kecuali milik Allah. Secepat kilat dia mengayunkan pedangnya dan menghujam tepat di kepala Ali. Kepala Ali merengkah akibat tebasan tersebut. Seketika itu pula Ali bin Abi Thalib mengucapkan kalimat: Fuztu wa Rabbul Ka’bah; Sungguh aku menang, demi Tuhan pemilik Ka’bah!”.
Terdengarlah suara riuh di dalam masjid. Orang-orang cepat berlarian mendekati Ali bin Abi Thalib a.s.. Mereka mendapatkannya tergeletak di mihrabnya lalu membawanya pulang ke rumahnya dalam kedaaan kepala diikat balut, sementara masyarakat dari belakang mengikuti sambil menangis.
Orang-orang berhasil menangkap Ibnu Muljam. Ali bin Abi Thalib a.s. berwasiat kepada anak tertuanya, Imam Hasan a.s., juga kepada anak-anaknya yang lain serta keluarganya; agar berlaku baik dengan tahanan. Ia berkata: “Nyawa dibalas dengan nyawa. Maka, bila aku mati, kalian harus mengqisasnya. Dan bila aku hidup, aku akan mengambil keputusan sesuai dengan pertimbanganku”.

Wasiat Ali

Ali bin Abi Thalib a.s. menasihati kedua putranya; Hasan dan Husein, dan seluruh keluarganya dengan wasiat umum. Ia berkata: “Aku berwasiat kepada kalian berdua. Bertakwalah kepada Allah, jangan mengikuti dunia sekalipun ia menginginkan kalian! Jangan bersedih terhadap sesuatu yang hilang dari tangan kalian! Berkatalah tentang kebenaran dan beramal untuk mendapat balasan dari Allah! Jadilah pembela orang mazlum dan bersikap keras terhadap orang zalim! Berbuatlah sesuai dengan perintah dalam Al-Quran! Dan jangan kuatir akan cemooh orang selama di jalan Allah”.

Lukanya yang parah tidak memberikan kesempatan lagi untuknya. Ali bin Abi Thalib telah mendekati ajalnya. Kalimat terakhir yang keluar dari bibirnya sebelum ajal menjemput ialah firman Allah swt.: “Demikianlah seyogyanya orang-orang yang beramal baik mesti berbuat’. Kemudian, ruh yang suci itu naik menemui surga yang dijanjikan.
Pemakaman dan Pidato Pujian atas Ali
Imam Hasan dan Imam Husein a.s. melakukan segala keperluan pemakaman ayahanda tercinta mereka; Ali bin Abi Thalib a.s. Mereka berdua memandikan dan  mengkafani. Setelah itu, Imam Hasan a.s. melakukan shalat mayat untuk sang ayah diikuti oleh sejumlah keluarga dan sahabat-sahabat. Kemudian mereka membawanya ke tempat peristirahannya yang terakhir. Ali bin Abi Thalib dimakamkan di kota Najaf, dekat kota Kufah. Pemakaman selesai pada malam hari.
Baru saja pemakaman itu tuntas, Sha’sha’ah bin Shuhan berdiri lalu berpidato dan mengenang Ali bin Abi Thalib a.s. dengan puji syukur. Ia berkata:
‘Wahai Abu Al-Hasan (panggilan Ali bin Abi Thalib)! Kini engkau dalam keadaan lebih baik. Engkau lahir dengan baik, kesabaranmu kuat, jihad dan perjuanganmu sungguh agung. Engkau berhasil dengan pendirianmu, engkau untung dalam perniagaanmu. Engkau menemui penciptamu dan Dia menerimamu dengan janji mulia-Nya, sementara engkau diiringi para malaikat. Kini, engkau berada di samping Al-Musthafa saw. Semoga Allah memuliakanmu berada di samping Muhammad saw. Engkau telah bergabung sama dengan derajat saudaramu, Muhammad saw. Engkau minum dari gelasnya. Kini, engkau memohon kepada Allah agar memberikan kepada kami taufik mengikuti jejakmu, berbuat sesuai dengan perilakumu, mengikuti orang yang engkau ikuti, memusuhi orang yang memusuhimu. Semoga Allah mengumpulkan kami dalam golongan orang-orang yang mencintaimu. Engkau telah meraih sesuatu yang belum pernah diraih oleh seorang pun. Engkau telah merasakan sesuatu yang belum pernah dirasakan oleh seorang pun. Engkau telah berjuang dengan sungguh-sungguh di samping saudaramu, Muhammad saw. Engkau telah menegakkan agama Allah dengan sunguh-sungguh. Engkau telah menegakkan Sunah Nabi dan memerangi fitnah dengan keras, sehingga Islam dan iman tetap tegak. Kuucapkan salawat dan salam yang paling utama dan terbaik kepadamu!”.
Sha’sha’ah melanjutkan: “Sesungguhnya Allah telah memuliakan derajatmu. Engkau adalah orang yang paling dekat dengan Rasulullah saw. dari sisi keturunan dan yang paling awal memeluk agama Islam. Engkau adalah orang yang paling teguh keyakinan dan yang iman hatinya paling kuat. Engkaulah orang yang paling keras berjuang demi agama Islam. Engkaulah orang yang paling besar baktinya dalam kebaikan. Maka, jangan ditahan pahalanya untuk mengalir kepada kami, dan kami tidak akan hina sepeninggalmu. Demi Allah! Kehidupanmu adalah kunci pintu-pintu kebaikan dan penutup keburukan dan kejahatan. Hari ini adalah terbukanya pintu keburukan dan tertutupnya pintu-pintu kebaikan. Andai sebelum ini manusia menerima arahanmu, mereka akan cukup dia atas segala-galanya. Sayang, mereka lebih memilih cinta dunia daripada akhirat”.

Bab Kelima

WARISAN ALIB BIN ABI THALIB A.S.


Berdasarkan wasiat Nabi saw., pertama yang dilakukan Ali bin Abi Thalib a.s. sepeninggalnya adalah mengumpulkan Al-Quran. Usaha pengumpulan ini memiliki beberapa keunggulan di atas pengumpulan yang juga kemudian dilakukan oleh orang-orang seperti Utsman bin Affan. Kelebihan itu lebih dikarenakan penertibannya sesuai dengan waktu turunnya dan disertai dengan sebab-sebab turunnya ayat, tafsir dan ta’wil yang dibutuhkan oleh umat Muhammad saw. Ali bin Abi Thalib pernah mengajukannya kepada khalifah pertama Abu Bakar Siddiq namun jawaban yang diterima demikian, ‘Kami tidak membutuhkan ini’. Ali kemudian memberikan isyarat bahwa setelah ini mereka tidak akan mendapatkannya lagi. Dan memang demikian. Al-Quran yang dikumpulkan oleh Ali kemudian diwariskan kepada imam setelahnya dari anak-anaknya.
Disebutkan juga bahwa Ali bin Abi Thalib a.s. memiliki karya lain yang disebut dengan Shahifah yang memuat hukum-hukum tentang diyat (tata denda). Bukhari, Muslim dan Ibnu Hanbal meriwayatkan keberadaan Shahifah ini. Ada juga sebuah kitab yang dinisbatkan kepadanya Ali bin Abi Thalib, bernama Al-Jamiah. Kitab ini memuat semua hal yang dibutuhkan oleh manusia seputar halal dan haram. Imam Ash-Shadiq a.s. menyebutkan keberadaan buku ini dan menjelaskan ukuran panjangnya yang mencapai tujuh puluh jengkal. Ia juga menerangkan bahwa semua masalah tercatat di dalam kitab itu, bahkan perkara-perkara yang remeh.
Kitab Al-Jifr yang juga disebut-sebut milik Ali bin Abi Thalib memuat hal-hal yang berkaitan dengan kejadian masa depan dan lembaran-lembaran para Nabi sebelumnya. Kitab ini hampir sama dengan mushaf Fathimah Az-Zahra a.s. yang ditulis oleh Ali bin Abi Thalib dari pendiktean Fathimah a.s. sendiri. Setelah kematian sang ayah, Nabi Muhammad saw., mereka berdua menghimpun hikmah-hikmah yang terilhamkan kepada mereka. Kitab-kitab tersebut di atas merupakan pusaka Imamah yang berpindah tangan dari satu imam ke imam yang lain.
Para ulama telah berusaha keras untuk menghimpun warisan intelektual Ali bin Abi Thalib a.s., mulai dari khotbah-khotbahnya, surat-surat hingga kalimat-kalimat hikmahnya, lalu dikumpulkan dalam sebuah buku yang diberi nama sesuai dengan tujuan para penghimpun. Buku pertama dan paling terkenal yang menghimpun semua itu adalah Nahjul Balaghah yang dikumpulkan oleh Syarif Ar-Radhi yang wafat pada tahun 404 H.
Syarif Ar-Radhi berhasil mengumpulkan pikiran-pikiran cemerlang dari Ali bin Abi Thalib a.s. mengenai berbagai macam masalah, dimulai dari akidah, akhlak, sistem pemerintahan dan manajemen, sejarah, sosial, psikologi, doa, ibadah dan berbagai macam ilmu alam. Karena tidak semua pikiran-pikiran Ali terkumpulkan oleh Syarif Radhi dalam Nahjul Balaghah, sebagian ulama  mengumpulkan sisa-sisa pikiran Ali yang kemudian dikenal dengan nama Mustadrakat Nahjul Balaghah.
Imam An-Nasa’i yang wafat pada tahun 303 H meriwayatkan hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib a.s. dari Rasulullah saw. Lalu dicatatnya dalam sebuiah kitab dengan nama Musnad Imam Ali a.s.
Al-Amadi, wafat pada tahun antara 520 dan 550 H, mengumpulkan kalimat-kalimat pendek Ali bin Abi Thalib a.s. yang berisikan mutiara-mutiara yang dikenal dengan nama Ghurar Al-Hikam wa Durar Al-Kalim.
Abu Ishaq Al-Witwath yang meninggal antara tahun 553 dan 583 H mengumpulkan ucapan-ucapan Ali a.s. dalam bukunya yang disebut Matlub Kulli Thalib min Kalam Ali bin Abi Thalib. Al-Jahizh, meninggal tahun 255 H, sendiri mempunyai buku khusus memuat ucapan-ucapan Ali. Nama bukunya adalah Miah Kalimah. Sementara At-Thabarsi, penulis tafsir terkenal Majma’ Al-Bayan, mengumpulkan ucapan-ucapan Ali a.s. dalam bukunya Natsr Al-La’ali. Nashr bin Muzahim memiliki buku bernama Shiffin yang berisi kumpulan dari khotbah dan surat-surat Ali. Dan sebuah buku yang bernama As-Shahifah Al-Alawiyah memuat kumpulan doa-doa yang dinisbatkan kepada Ali bin Abi Thalib.
Mengenal Nahjul Balaghah
Kalau Al-Quran disebut sebagai mukjizat kenabian, maka Nahjul Balaghah sebagai mukjizat imamah. Rasionalitas yang tampak dalam metode penyampaian yang transenden dan jelas dalam setiap kalimat Nahjul Balaghah telah ditanam dan dipupuk oleh Nabi Muhammad saw. yang mendapat tuntunan langsung dari wahyu Allah swt. Dalam setiap tema yang disampaikan dapat ditemukan cahaya Allah memancar dari depan dan hidayah Nabi menerangi jalan di depannya.
Syarif Ar-Radhi, sang penyusun Nahjul Balaghah, mengatakan: “Ali bin Abi Thalib adalah orang yang mengangkat kefasihan sampai di puncaknya. Dari lisannyalah rahasia-rahasia dan rumus-rumus seni kefasihan dalam tata bahasa Arab itu diletakkan. Setiap orator besar akan mencuplik perumpamaan yang digubah olehnya. Setiap penceramah selalu terbantu oleh tutur katanya. Meski demikian, kefasihan Ali bin Abi Thalib tetap sebagai yang terdepan, dan setiap keunggulan  yang hendak diupayakan masih belum sanggup melampaui kefasihannya, bahkan senantiasa terbelakang, sebab ucapan Ali menyimpan sentuhan ilmu ilahi, di dalamnya tercium sabda Nabi”.
Mengenal Akal dan Pengetahuan
Tidak ada kekayaan seperti ilmu, dan kemiskinan seperti kebodohan. Akal adalah sumber kebaikan dan potensi paling mulia yang dapat memilih dan memilah. Akal adalah hiasan yang paling indah.
Akal adalah utusan kebenaran. Akal adalah basis terkuat. Manusia dikenal dengan akalnya. Dengan akal segala sesuatu dapat diperbaiki.
Ilmu adalah penutup sementara akal bak pedang tajam yang dapat membelah. Sembunyikan kelabilan akhlakmu dalam kesabaran. Bunuh hawa nafsumu dengan akalmu. Berpikir adalah cermin yang bersih.
Akal adalah pemilik tentara Tuhan, dan hawa nafsu adalah pemimpin tentara setan. Jiwa senantiasa ditarik oleh keduanya. Pihak yang berhasil menguasai, jiwa berada di bawah pengawasannya.
Keutamaan yang harus dimiliki oleh seseorang adalah akal. Bila ia rendah akan menjadi mulia, bila terjatuh akan ditinggikan, bila tersesat akan ditunjuki, dan bila berbicara akan dituntun ke jalan yang lurus.
Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang menghidupkan akalnya, menguasai hawa nafsunya dan berusaha sekuat tenaga untuk memperbaiki akhiratnya.
Agama diukur sesuai dengan kemampuan akal. Seorang mukmin tidak akan beriman sampai ia berakal. Nilai setiap orang diukur dengan akalnya.
Ketahuilah (nilai) akal dari beberapa hal:
a. Akal menjauhkan diri dari perbuatan dosa, melihat akibat perbuatan, dan membuat orang waspada.
b. Akal adalah prinsip ilmu dan mengajak manusia untuk memahami sesuatu.
c. Akal adalah potensi yang semakin bertambah dengan ilmu dan pengalaman.
d. Hati terkadang memiliki siratan-siratan buruk, dan akal menahan dan melindunginya.
e. Akal yang sehat menolak penghinaan terhadap akal itu sendiri.
f. Orang yang disebut berakal adalah orang yang mampu memilah kebaikan dari dua keburukan.
Mengenal Al-Quran dan Sunah
Ali bin Abi Thalib a.s. berkata: ‘Al-Quran diturunkan kepada kalian sebagai penjelas segala sesuatu. Allah memanjangkan umur Nabi dan berada di tengah kalian sehingga Allah menyempurnakan buatnya dan buat kalian –terkait dengan ajaran yang diturunkan lewat Al-Quran- agama-Nya yang diridai-Nya”.
Masih tentang Al-Quran, Ali menuturkan: “Demikianlah Al-Quran. Ia tidak dapat berbicara. Oleh karenanya ajak berdialog Al-Quran. Akan tetapi aku akan mengabarkan kepada kalian tentang Al-Quran. Ketahuilah, di dalamnya ada ilmu tentang yang akan datang sebagaimana ada cerita tentang masa lalu. Al-Quran adalah obat penyakit kalian dan memperbaiki hubungan di antara kalian. Sebagian ayat Al-Quran berdialog dan berbicara dengan sebagian yang lain. Sebagian ayat Al-Quran menjadi saksi buat ayat yang lain. Al-Quran tidak berselisih tentang Allah dan tidak juga pembawa Al-Quran, Muhammad, menyimpang dari Allah.  Al-Quran tidak bengkok sehingga perlu diluruskan, tidak menyimpang sehingga perlu ditegur dan dinasihati. Ia tidak diciptakan karena banyaknya penolakan dan seringnya sampai ke pendengaran. Keajaibannya tidak akan pernah sirna sebagaimana keanehan-keanehannya tidak bakal lenyap. Kegelapan tidak akan lenyap tanpa Al-Quran. Al-Quran bak musim semi yang menyegarkan hati. Al-Quran adalah sumber ilmu. Tidak akan ditemukan sesuatu yang lebih jelas dan menjadi buat hati selain Al-Quran.  Ia merupakan tambang iman dan fondasinya, sumber ilmu dan lautannya, taman keadilan dan bagian darinya, dasar Islam dan bangunannya, sungai-sungai bak tempat aliran kebenaran dan ladangnya, lautan yang tidak akan pernah habis dikuras, mata air yang mengalir yang tidak akan habis ditadah. Allah menjadikan Al-Quran sebagai pelepas dahaga ulama, penyemai hati para fakih, sebagai pelita jalan orang-orang tulus, petunjuk orang yang sadar, kata mutiara para perawi, penuntas pencari keadilan, penyembuh penyakit yang tak berefek, dan obat penuntas segala penyakit. Hendaklah sembuhkan penyakit-penyakit diri kalian dengan Al-Quran, mintailah bantuannya atas masalah-masalah yang kalian hadapi. Dalam Al-Quran, terdapat obat untuk penyakit paling sulit, yaitu kekafiran, kemunafikan, kezaliman dan kesesatan.
Berkenaan dengan Sunah Rasulullah saw., Ali bin Abi Thalib telah mengajak kaum muslimin untuk mengamalkannya. Beliau juga senantiasa menerangkan posisi para imam dalam menyampaikan Sunah yang benar kepada umat Islam serta menghidupkan ajaran-ajaran Nabi yang berusaha untuk dihilangkan oleh para penyeleweng dan mereka yang ingin menonaktifkan Sunah Rasulullah saw.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Ikutilah tuntunan Nabi kalian Muhammad saw karena tuntunannya adalah hidayah yang paling utama. Amalkanlah Sunah Nabi karena Sunahnya adalah yang paling menuntun manusia’.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Hamba yang paling dicintai di sisi Allah adalah orang yang mengikuti dan mengamalkan sesuai dengan perilaku dan jejak-jejak Nabi Muhammad saw’. Beliau melanjutkan, ‘Relakanlah Muhammad saw sebagai pemandu kalian dan jadikan ia sebagai pemimpin menuju keselamatan’.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Pada tangan manusia ada kebenaran dan kebatilan, kejujuran dan kebohongan, nasikh (yang menghapus) dan mansukh (yang terhapus), umum dan khusus, muhkam (yang pasti) dan mutasyabih (yang samar) dan dihafalkan dan dikhayalkan. Telah terjadi ada orang yang berdusta atas nama Rasulullah saw ketika Nabi masih hidup sehingga membuat beliau harus bersiri berpidato, ‘Barang siapa yang berbohong dengan mengatasnamakan namaku secara sengaja niscaya ia telah menyiapkan tempatnya di neraka’.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Keluarga Muhammad saw tidak dapat dibandingkan dengan siapa pun dari umat ini. Kehidupan mereka adalah personifikasi ilmu sementara kematian bagi mereka sama artinya dengan kebodohan. Mereka tidak pernah menentang kebenaran dan tidak pernah berselisih tentangnya. Mereka adalah tiang-tiang penguat agama dan sahabat karib yang menjaga. Dengan keberadaan mereka niscaya kebenaran kembali pada takarannya dan kebatilan akan sirna dan lenyap dari tempatnya serta lidahnya akan terpotong dari pangkalnya. Mereka mengikat agama dengan akal yang sadar dan terlindung tidak dengan akal yang hanya mendengar dan kemudian meriwayatkan. Mereka adalah tempat rahasia-rahasia Rasulullah saw dan pengayom urusannya, pelapis dan pelindung ilmunya dan penakwil hikmah-hikmahnya, gua tempat buku-bukunya dan gunung yang melindungi agamanya. Mereka adalah lentera di kegelapan dan sumber kebijakan, tambang ilmu dan tempatnya kesabaran’.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Sesungguhnya aku berada di atas kebenaran yang jelas dari Tuhanku dan sesuai dengan cara Nabiku. Sesungguhnya aku berada di atas jalan yang jelas ketika aku berucap’.

Mengenal Tauhid, Keadilan dan Hari Akhir


Ali bin Abi Thalib ketika menetapkan dan membuktikan keberadaan Allah swt berkata, ‘Segala puji syukur hanyalah milik Allah yang menunjukkan keberadaannya dengan ciptaan-Nya, penciptaan makhluk menunjukkan keazalian-Nya dan kesalahan yang makhluk-Nya perbuat menunjukkan bahwa tidak ada yang menyerupai-Nya. Ia berkata, ‘Aku heran kepada orang yang ragu dengan Allah sementara ia melihat ciptaan-Nya bahkan bagi akal ditampakkan kepada kita tanda-tanda pengaturan yang rapi dan kepastian yang tidak berubah.
Ketika Ali bin Abi Thalib ditanya, ‘Apakah engkau melihat Tuhanmu? Ali menjawab, ‘Bagaimana mungkin aku menyembah Tuhan yang tidak kulihat? Kemudian beliau melanjutkan, ‘Allah tidak dapat dilihat dengan mata panca indera akan tetapi hati yang melihatnya dengan hakikat iman. Allah lebih agung dari penetapan pengaturannya dengan hati.
Dalam doanya yang terkenal dengan nama doa Shabah beliau berkata, ‘Wahai Zat yang menunjukkan diri-Nya dengan Zat-Nya. Zat yang suci dari penyerupaan dengan makhluk-Nya. Zat yang lebih mulia dari kesamaan dengan makhluknya dalam kualitas. Wahai Zat yang lebih dekat dari persangkaan yang terbetik dalam benak seseorang dan lebih jauh dari sekelebatan pandangan dan mengetahui sesuatu yang belum terjadi.
Ali bin Abi Thalib memuat khotbah-khotbahnya dengan pengertian-pengertian yang tinggi yang diambil dari ayat-ayat Al-Quran yang menunjukkan kekuatan ilahiah; langit dan bumi. Beliau menjelaskan dengan panjang lebar bagaikan ilmuwan yang tahu betul apa yang diucapkannya. Ia menjelaskan dengan detil ayat-ayat kekuasaan Allah yang membuat siapa yang mendengarnya akan bertambah keimanan, kekhusyukan dan ketundukkannya kepada Allah swt. Karena begitu mendengar ucapan Ali seseorang dapat merasakan langsung apa yang dibicarakannya. Sebagaimana Ali berkata, ‘Demi Allah! Seandainya disingkap segala penutup dari diriku aku tidak akan bertambah yakin’.
Ali bin Abi Thalib memberikan penggambaran yang detil tentang sifat-sifat Allah yang membuat para filsuf menjadikan ucapan-ucapannya sebagai bahan kajian yang dapat membuka pembahasan lebih luas. Tanpa ucapan-ucapan Ali pembahasan sifat ilahi para pembahas dapat tersesat karena ucapan beliau bersumber dari hidayah rabbani.
Beliau berkata, ‘Kesempurnaan tauhid dan pengesaan Allah adalah ikhlas kepada-Nya. Kesempurnaan keikhlasan kepada Allah swt adalah menafikan sifat dari-Nya. Hal itu dikarenakan setiap sifat pasti bukan zat yang disifati dan setiap zat yang disifati pasti bukan sifat. Oleh karenanya, barang siapa yang menyifati Allah swt berarti ia telah menjadikan teman bagi-Nya. Dan barang siapa yang berpikir bahwa Allah memiliki teman itu berarti ia telah menduakan-Nya. Barang siapa yang menduakan-Nya berarti ia telah membagi-Nya. Dan barang siapa yang membagi-Nya berarti ia tidak mengerti tentang-Nya. Dan barang siapa yang tidak mengetahui-Nya berarti ia telah menunjukkan-Nya. Barang siapa yang menunjuki-Nya berarti ia telah membatasi-Nya. Dan barang siapa yang membatasi-Nya berarti telah menganggap-Nya berbilang. Allah ada tanpa diciptakan, wujud-Nya tidak diperoleh setelah sebelumnya tidak ada. Allah senantiasa bersama dengan segala sesuatu tapi tidak menemani mereka dan tidak bersama segala sesuatu tapi tidak sirna.
Ali bin Abi Thalib berargumentasi tentang keesaan Allah dengan ucapannya, ‘Ketahuilah wahai anakku, Seandainya Allah memiliki sekutu niscaya utusannya telah mendatangimu dan engkau akan melihat bekas-bekas kerajaan dan kekuasannya. Ketahuilah wahai anakku, tidak ada seseorang pun yang memberikan kabar berita tentang Allah swt sebagaimana kabar berita yang dibawakan oleh Rasulullah saw maka relakanlah ia menjadi penuntunmu’.
Ali bin Abi Thalib memerikan keadilan Allah swt dengan ucapannya, ‘Keadilan membuat Allah tidak berbuat kezaliman kepada hamba-Nya dan berbuat keadilan terhadap semua makhluk-Nya. Allah berbuat keadilan kepada semua makhluk-Nya dalam hukum dan menghukumi segala sesuatunya dengan keadilan. Ali kebudian berkata, ‘Sesungguhnya Allah tidak memerintahkanmu kecuali ada kebaikan dibaliknya dan tidak akan melarangmu kecuali ada kejelekan dibalik larangannya. Hukum-Nya satu tidak pilih kasih baik untuk penghuni langit atau bumi. Allah tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga karena perbuatan yang membuatnya seharusnya berada di neraka’.
Mengenal Kepemimpinan Ilahi (Kenabian dan Imamah)
Hidayah ilahi yang disebut dengan kepemimpinan orang-orang yang diberi hidayah. Orang-orang yang dipilih oleh Allah untuk memberi petunjuk kepada hamba-hamba Allah adalah sunnatullah yang senantiasa ada bagi makhluk-Nya. Allah membekali mereka dengan akal, ilmu dan mempersenjatai mereka dengan iradah dan kehendak.
Sunnatullah yang berlaku kepada manusia ini dimulai dengan pemilihan  Adam AS. sebagai sebaik-baik makhluk-Nya. Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Allah swt kemudian menurunkan Adam ke bumi setelah ia bertaubat agar ia memakmurkan dunia dengan anak keturunannya sekaligus menegakkan bukti Allah kepada hamba-Nya. Allah tidak akan membiarkan mereka dalam kekosongan setelah memilih mereka dan menegaskan kepada makhluk-Nya akan bukti rububiah-Nya yang menjadi perantara antara makhluk-Nya dan pengetahuannya. Bahkan Allah swt telah mengadakan perjanjian dengan mereka lewat lisan manusia-manusia pilihan-Nya dari para Nabi dan mereka yang bertanggung jawab membawa amanat risalah-Nya dari abad ke abad. Allah meletakkan amanat tersebut kepada sebaik-baik orang yang mampu menjaga amanat-Nya. Keturunan-keturunan mulia inilah yang memegang amanat tersebut yang berpindah dari rahim yang suci ke rahim suci lainnya. Semua ini bak rantai yang tak berputus hingga sampai pada keturunan terakhir mereka Muhammad saw. Keturunan termulia dari tambang ilmu dan keutamaan. Keturunan yang lahir dari pohon di mana para Nabi Allah berasal dari sana begitu juga mereka para pembawa amanat ilahi’.
Ali bin Abi Thalib menyifati kezuhudan para Nabi, keberanian, kerendahan hati dan bagaimana Allah melindungi dan mendidik mereka sekaligus menguji dan memberi cobaan kepada mereka dalam perjuangan di jalan Allah. Ali juga menjelaskan kewajiban-kewajiban para Nabi yang dapat dilihat dalam masalah tablig dan dakwah kepada Allah swt, memberi kabar gembira dan ancaman, menegakkan hukum Allah di bumi, memberi petunjuk manusia dengan mengeluarkan mereka dari kebodohan dan kesesatan dan berjuang menghadapi musuh-musuh Allah.
Jalan yang telah dipersiapkan Allah untuk memberikan petunjuk manusia akan berlangsung secara berkesinambungan hingga hari kiamat. Oleh karenanya, bumi tidak akan pernah kosong dari bukti Allah; baik itu tampak dan diketahui banyak orang atau tersembunyi. Karena yang terpenting adalah bagaimana bukti Allah tetap ada di muka bumi dan tidak lenyap. Ketika kenabian telah berakhir dengan Nabi Muhammad saw, maka perintah pemberian petunjuk berpindah kepada keluarganya yang dikenal sebagai keluarga terbaik. Orang-orang yang bilsa berbicara pasti dilakukan dengan kejujuran dan bila berdiam diri tidak didahului. Mereka berasal dari pohon kenabian, dilingkupi oleh risalah kenabian, tempat lalu lalang para malaikat, tambang ilmu pengetahuan dan sumber kebijakan. Mereka orang-orang yang memiliki posisi yang mulia di sisi Allah. Dengan keberadaan mereka Allah swt menjaga bukti-bukti dan hujjah-Nya. Al-Quran dapat diketahui karena mereka dan dengan Al-Quran mereka dapat dikenal,  pada mereka kemuliaan Al-Quran tersimpan dan khazanah kasih sayang Allah dan mereka orang-orang yang disebut dalam Al-Quran Ar-Rasikhun bil ‘Ilm (orang-orang yang menyatu dengan ilmu tentang Al-Quran). Kesabaran mereka akan menjelaskan seberapa luas ilmu yang dimiliki, bentuk dan perilaku lahiriah mereka akan menunjukkan batin mereka dan diamnya mereka menandakan kebijakan berpikir dan bertutur. Mereka tidak pernah menentang kebenaran dan tidak pernah berselisih dalam hal kebenaran. Mereka adalah tiang-tiang penguat agama dan bak sahabat karib yang menjaga agama. Dengan keberadaan mereka niscaya kebenaran kembali pada takarannya dan kebatilan akan sirna dan lenyap dari tempatnya. Mereka adalah asas agama dan pokok keyakinan. Orang yang telah melampaui batas akan menyesuaikan dirinya dengan menjadikan mereka sebagai tolok ukur dan orang yang tertinggal dapat menyesuaikan diri dengan menjadikan mereka sebagai patokan. Mereka memiliki kekhususan-kekhususan tertentu seperti hak memiliki wilayah (kepemimpinan) dan wasiat  serta warisan Nabi tentang kepemimpinan adalah untuk mereka.
Ali bin Abi Thalib menegaskan kedudukan dan posisi Ahli Bayt AS. selaku pemimpin baik dalam bidang pemikiran maupun dalam bidang politik. Ali berusaha mendekatkan kepemimpinan yang terlanjur dijauhkan dari pemiliknya yang semestinya setelah ditentukan oleh Nabi Muhammad saw. Beliau mengkritik cara pandang dan kebijakan para khalifah sebelum dirinya baik secara global maupun detil. Sekalipun dengan kritik itu beliau telah merelakan, secara terpaksa, haknya sebagai khalifah dan berusaha mengajukan ide-ide murni yang bersumber dari Nabi tentang kepemimpinan setelah Rasulullah saw. Ali tetap berjuang untuk merealisasikan kebenaran dengan cara dan metode yang bijak dan sesuai dengan kondisi kritis yang sedang dialami negara dan umat Islam pada waktu itu. Beliau mampu mengajukan teori dan sistem yang sempurna dan menyiapkan sejumlah kader untuk menerapkannya ketika kondisi memungkinkan untuk itu.

Mengenal Imam Mahdi a.f.

Kajian tentang masalah Imam Mahdi afs. terpengaruh perhatian yang diberikan kepada Al-Quran dan Nabi Muhammad saw. Ali bin Abi Thalib AS. sekalipun dalam kondisi yang sulit di mana masyarakat Islam yang baru dan belum stabil masih tetap memberikan perhatian yang cukup tentang masalah Imam Mahdi AF. Beliau berkata, ‘Ketahuilah bahwa pada suatu hari –dan hari itu akan datang sekalipun kalian tidak mengetahuinya kapan- di mana seorang pemimpin akan muncul dan bukan dari keluarga pemimpin yang ada sekarang. Ia akan menghukumi para pejabat pemerintahan sesuai dengan perbuatan buruk mereka. Bumi akan mengeluarkan barang tambangnya demi sang pemimpin. Ia akan menunjukkan bagaimana cara menjalankan roda pemerintahan dengan adil kepada kalian. Al-Quran dan Sunah Nabi yang sampai sebelum munculnya dipinggirkan dan tidak dipergunakan sebagaimana mestinya akan dihidupkan kembali olehnya’.

Ucapan Ali bin Abi Thalib tentang Imam Mahdi AF. Adalah cara pandang yang detil dan pasti serta memberikan penerangan yang jelas mengenai tanda-tanda kemunculannya. Kemunculannya akan terlihat pada revolusi global yang kemudian memberikan kesempatan kembali kepada Islam memainkan peranannya di dunia Islam dan bahkan untuk manusia dan kemanusiaan. Ali tentang pemimpin revolusi global ini berkata, ‘Oleh Imam Mahdi AF. segala keinginan yang ada akan diikutkan sesuai dengan petunjuk wahyu setelah sebelumnya masyarakat menjadikan hidayah dan petunjuk senantiasa mengikuti hawa nafsunya. Masyarakat dengan segala macam teori yang ada dipaksakan kepada Al-Quran dan Al-Quran hanya dipakai sebagai bahan justifikasi pendapat mereka sementara Imam Mahdi AF. berusaha agar semua teori dan pandangan yang ada malah mengikuti Al-Quran dan bukan sebaliknya’.
Sebuah yayasan yang bernama Muassasah Nahjul Balaghah telah berhasil mengumpulkan hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib tentang Imam Mahdi afs. Hadis-hadis tersebut telah terkumpul dalam satu volume dan hadis yang terkumpul sebanyak 291 hadis. Empat belas hadis berbicara tentang nama, sifat-sifat dan nama panggilan dari Imam Mahdi. Tujuh puluh tujuh hadis menjelaskan tentang keturunan Imam Mahdi AF. bahwa ia berasal dari keturunan Quraisy, Bani Hasyim, Ahli Bayt dan dari keturunan Ali bin Abi Thalib sendiri. Ia adalah keturunan dari Fathimah Az-Zahra a.s. juga keturunan dari Imam Husein a.s. dan salah satu imam kedua belas. Empat puluh lima hadis berhubungan dengan Imam Mahdi afs. dalam Al-Quran, Nahjul Balaghah dan syair yang diucapkan oleh Ali bin Abi Thalib. Dua puluh tiga hadis berbicara tentang para penolong Imam Mahdi afs. dan riwayat-riwayat yang menyinggung tentang pemimpin. Dua belas hadis bercerita tentang masalah keluarga Sufyan dan Dajjal. Dua puluh enam hadis  menjelaskan tentang kegaiban Imam Mahdi afs. dan ujian serta cobaan orang-orang Syi’ah semasa kegaiban Imam Mahdi dan keutamaan melakukan penantian kemunculan Imam Mahdi afs. Tujuh puluh lima hadis menceritakan tentang fitnah sebelum kemunculan Imam Mahdi afs. tanda-tanda kemunculannya, apa yang akan diperbuat dan akan terjadi setelah kemunculan Imam Mahdi afs. masalah hewan-hewan berkaki empat di bumi serta Ya’juj dan Ma’juj. Sembilan belas hadis berkaitan dengan keutamaan masjid Kufah dan akan keluarnya seorang dari Ahli Bayt dengan orang-orang dari timur yang membawa pedang di pundaknya selama delapan bulan sehingga orang-orang berkata, ‘Demi Allah! Orang ini dari keturunan Fathimah. Kemudian ia menjelaskan pemerintahan di muka bumi dengan munculnya Imam Mahdi afs. bagaimana ia memerintah dan terakhir bagaimana agama ditutup dengannya.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Wahai Kumail! Ilmu yang ada ini akulah pembukanya sementara rahasia yang ada diakhiri oleh Al-Mahdi afs. Wahai Kumail! Kalian perlu memperhatikan masa lalu kalian dan kami yang akan menang dibanding kalian’.
Agama dibuka dan ditutup dengan kami. Karena kami orang-orang selamat dari kesesatan yang ditimbulkan oleh fitnah sebagaimana mereka telah diselamatkan dari kesesatan syirik. Allah swt mendekatkan hati kaum muslimin berkat kami setelah permusuhan yang ditimbulkan oleh fitnah sebagaimana hati dan agama mereka telah didekatkan setelah permusuhan yang berlandaskan kesyirikan’. Seandainya pemimpin kami, Al-Mahdi, telah muncul niscaya langit akan mengucurkan hujan dan bumi akan menumbuhkan tanaman. Permusuhan akan hilang dari hati manusia. Binatang-binatang liar akan menjadi jinak sehingga seorang wanita berjalan dari Irak hingga ke Syam dengan aman. Ia hanya meletakkan kakinya di atas tumbuh-tumbuhan dan perhiasan yang berada di atas kepalanya tetap karena binatang-binaang buas tidak mengganggu dan tidak menakuti-nakutinya’.
Mengenal Pemerintahan Islam: Filsafat dan Prinsip
Ali telah mengajukan bentuk praktis dalam pemerintahan Islam sepeninggal Rasulullah saw. Bentuk praktis ini digandengkan dengan teori paripurna yang sesuai dengan berbagai dimensi kehidupan yang ditunjukkan dengan surat dan perjanjiannya yang terkenal kepada Malik Al-Asytar ketika diangkat menjadi gubernur Mesir. Para sosiolog begitu menaruh perhatian terhadap surat ini dan memberikan komentar, penjelasan dan membandingkannya dengan sistem sosial pemerintahan lain. Teks ini termasuk salah satu dalil bagi keindahannya dan dengan ini mazhab Ahlul  Bait berbeda dengan semua aliran yang ada yang membawa nama Islam dan kekhalifahan Islam. Sebagai tambahan dari teks yang luar biasa ini dapat ditemukan di Nahjul Balaghah dan buku-buku lainnya yang sampai kepada para ulama, teks ini juga dapat membantu untuk memahami dan menyingkap ide dan pemikiran Ali bin Abi Thalib dan pandangan Islam tentang filsafat pemerintahan dan sistemnya baik prinsip maupun cabang masalahnya. Untuk itu ada baiknya untuk melihat secara ringkas pandangan tersebut.
Ali bin Abi Thalib telah menegaskan bahwa pemerintahan adalah merupakan keharusan sosial manusia dengan ucapannya, ‘Masyarakat, apapun itu, membutuhkan pemimpin; baik atau buruk. Sementara Imamah adalah sistem umat’. Beliau juga kemudian menjelaskan bahwa pemerintahan adalah pengenalan terhadap kehidupan itu sendiri, ‘Kekuasaan menampakkan kekhususan yang baik sebagaimana terkadang memunculkan keburukan’.
Beliau menjelaskan bahwa pemerintahan dan kekuasaan adalah sesuatu yang bakal lenyap. Oleh karenanya, jangan sampai tertipu olehnya. Beliau berkata, ‘Negara, sebagaimana dia diterima juga ditolak’. Kemudian beliau memberikan pandangan pemerintahan yang baik dan memberikan manfaat bahwa pemerintahan yang patut dicontoh adalah yang memiliki nilai dan layak untuk dipersiapkan dan dibuat rencana masa depannya.


Garis-garis besar sistem pemerintahan Islam dan fungsi negara percontohan Islam sebagai berikut:
Membudayakan dan mendidik umat.
Menegakkan keadilan.
Mengayomi agama.
Menegakkan supremasi hukum.
Mendidik masyarakat.
Bersungguh-sungguh dalam memperbaiki (nasihat) dan penyampaiannya.
Menyiapkan dan memperbaiki kebutuhan hidup masyarakat.
Melindungi dan membela kemerdekaan dan kemuliaan umat.
Mengamankan stabilitas dalam negeri.
Menolong kaum lemah.
Membantu orang tertindas.
Perhatian lebih pada pembangunan.
Sementara syarat-syarat penguasa yang patut dicontoh hendaknya ia memiliki sifat-sifat yang dipandang penting dalam menguatkan dan menstabilkan negara. Secara ringkas syarat-syarat pemimpin sebagai berikut:
Menolong dan membantu kebenaran.
Memahami permasalahan yang dihadapi.
Pengetahuan yang luas.
Keberanian dalam menegakkan kebenaran.
Memiliki niat yang baik.
Berbuat baik kepada rakyat.
Memiliki rasa harga diri yang tinggi.
Berbuat adil tanpa pandang bulu.
Kemampuan manajemen dan ekonomi.
Kejujuran.
Kelemahlembutan.
Sabar.
Melindungi dan membela agama.
Warak.
Dipercaya dan bertanggung jawab.
Sadar.
Mengeluarkan undang-undang yang mampu dilakukan oleh masyarakat.
Tidak membohongi masyarakat dengan alasan kekuasaan.
Pembagian kerja yang benar dan penunjukan tanggung jawab sesuai dengan kemampuannya.
Usaha keras dan kedermawanan namun tidak menghambur-hamburkan kekayaan negara secara royal.
Ungkapan Ali bin Abi Thalib penuh dengan sebab-sebab yang dapat meruntuhkan sebuah negara sekaligus juga mewanti-wanti para penguasa, pejabat dan para wali kota untuk berhati-hati agar tidak terjerumus ke dalamnya. Secara ringkas beberapa sebab yang dapat meruntuhkan sebuah negara:
Kebodohan
Pemaksaan pendapat dan enggan bermusyawarah.
Mengikuti hawa nafsu.
Berjumlahnya pusat kekuatan.
Percaya pada kebatilan dan memandang remeh agama.
Bertindak sewenang-wenang.
Sombong dan bangga atas dirinya.
Tidak berbuat baik.
Menyia-nyiakan potensi dan kekayaan negara.
Lupa diri.
Balas dendam.
Manajemen yang korup.
Jarang belajar dari pengalaman.
Sering berbuat kesalahan.
Menghancurkan pilar-pilar pemerintah.
Menempatkan orang-orang yang tidak kompeten pada jabatan tertentu. Ali bin Abi Thalib berkata: “Mendudukkan orang-orang tidak kompeten pada jabatan-jabatan pemerintahan akan membuat negara tidak dipercaya, bahkan runtuh”.
Pengkhianatan. Ali bin Abi Thalib berkata: “Bila terjadi pengkhianatan, berkah dalam kehidupan akan sirna. Barang siapa yang menterinya melakukan pengkhianatan, manajemen pemerintahannya akan korup”.
Kelemahan dalam politik. Ali bin Abi Thalib berkata: “Bahaya yang senantiasa mengintai para pemimpin adalah kelemahan dalam berpolitik. Bahaya orang yang kuat adalah kelemahan dalam menahan marah. Barang siapa yang terlambat mengatur sesuatu, sungguh ia sedang mendahulukan kehancurannya”.
Perilaku buruk. Ali bin Abi Thalib berkata: “Bahaya yang senantiasa mengintai para penguasa adalah perilaku buruk”.
Lemahnya para pejabat dan wali kota.
Lemahnya dukungan masyarakat pada penguasa. Ali bin Abi Thalib berkata: “Ancaman bagi suatu pemerintahan adalah lemahnya dukungan”.
Prasangka buruk terhadap orang yang menasihati merupakan tanda kehancuran sebuah pemerintahan.
Ketamakan pemimpin akan kelezatan dunia. Ali bin Abi Thalib berkata: “Seorang pemimpin adalah orang yang tidak mencari muka, tidak menipu dan tidak ditipu oleh ketamakan”. Ia menambahkan: “Ketamakan merendahkan seorang pemimpin”.
Instabilitas sosial-politik.

Mengenal Ibadah dan Tanggung Jawab Ali

Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Sesungguhnya Allah swt mewajibkan kepada kalian sejumlah kewajiban maka jangan kalian sia-siakan itu. Allah telah memberikan batasan-batasan kepada kalian maka jangan kalian langgar itu. Allah telah melarang kalian dari beberapa perkara maka jangan kalian terjang larangan itu. Allah tidak memberikan perintah kepada kalian tentang banyak hal dan itu bukan karena lupa, maka jangan kalian memaksakan diri. Allah tidak pernah memerintahkan kalian akan satu perkara melainkan atas dasar kebaikan yang dikandungnya dan tidak melarang kalian akan satu perkara melainkan atas dasar kejelekan dan keburukan yang dikandungnya’.

Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Seyogianya engkau menjaga segala sesuatu yang bila engkau menyia-siakannya engkau tidak bakal diampuni’. Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Hal pertama yang diwajibkan oleh Allah kepada kalian adalah menyukuri nikmat-Nya dan mencari keridaan-Nya. Sangat beruntung orang yang senantiasa menjaga ketaatannya kepada Tuhannya. Orang-orang yang bercepat-cepat melakukan ketaatan dan mendahului orang lain melakukan perbuatan baik. Bila kalian tidak melakukannya maka itu berarti kalian tidak melakukan perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban Allah swt. Tidak diperkenankan seorang mendekati Allah dengan ibadah-ibadah sunah sementara ia masih disibukkan dengan ibadah-ibadah wajib. Tidak ada ibadah yang nilainya menyamai pelaksanaan kewajiban’. Ali bin Abi Thalib juga sangat memperhatikan penjelasan tentang filsafat sejumlah dari syariat dan hukum Islam. Beliau berkata, ‘Allah swt mewajibkan iman untuk menyucikan manusia dari syirik. Salat untuk menyucikan manusia dari kesombongan, zakat untuk menambah rezeki, puasa untuk menguji keikhlasan seorang hamba, haji untuk menguatkan agama, jihad untuk kemuliaan Islam, amar makruf untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat awam, nahi mungkar untuk mencegah orang-orang bodoh berlaku tanpa petunjuk, silaturahmi memanjangkan umur, qisas untuk mencegah pertumpahan darah tanpa sebab, menegakkan hukum pidana untuk memuliakan hukum (hal-hal yang haram), meninggalkan minuman keras dan memabukkan untuk menjaga akal, menjauhi perbuatan mencuri untuk menambah kemuliaan, meninggalkan zina untuk menjaga keturunan, meninggalkan liwat (perilaku seks sesama jenis) untuk memperbanyak keturunan, syahadah (martir) untuk menunjukkan kepada para pengingkar, meninggalkan dusta untuk memuliakan kejujuran, Islam memberikan keamanan kepada seseorang dari ketakutan, imamah sebagai sebuah sistem pemerintahan untuk umat dan ketaatan untuk menghormati imamah’.
Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Zakatnya badan adalah jihad dan puasa dan orang yang melakukan ziarah kepada Ka’bah akan aman dari azab Allah swt’.
Dan Ali bin Abi Thalib berkata, ‘Laksanakan amar makruf engkau akan menjadi orang yang berbuat baik, jauhi dan larang perbuatan mungkar dan jelek dengan tangan dan lidah. Pisahkan perilaku keduanya dengan usaha yang yang sungguh-sungguh dari mu. Tujuan agama adalah amar makruf dan nahi mungkar serta menegakkan supremasi hukum. Jihad adalah tiang agama dan cara untuk selamat. Barang siapa yang melakukan jihad dengan menegakkan kebenaran akan berhasil. Mereka yang berjihad akan terbuka untuk mereka pintu-pintu langit. Balasan dan pahala orang berjihad adalah yang paling agung dan mulia’.
Mengenal Akhlak dan Pendidikan Ali
Ali bin Abi Thalib sangat mementingkan pendidikan masyarakat dan berusaha untuk mengobati penyimpangan akhlak yang terjadi dalam diri manusia yang berakar yang sangat dalam. Ia menyebutkan obat paling penting dan asasi demikian: “Ketahuilah, sesungguhnya cinta dunia adalah pokok segala kesalahan”. Ali a.s. menjelaskan sebab utama dari cinta dunia ketika menerangkan sebab-sebab persekongkolan untuk membuangkan prinsip-prinsip Nabi saw. oleh para khalifah. Rahasia saat mereka merampok kepemimpinan darinya padahal mereka tahu benar akan banyaknya teks-teks hadis Nabi saw. yang menyebutkan bahwa kepemimpinan setelah beliau berada di tangan Ali bin Abi Thalib. Ali berkata, ‘Tidak, mereka telah mendengar hadis-hadis tentang kepemimpinanku dan sadar akan keberadaannya, akan tetapi keindahan dunia telah menghiasi mata mereka.
Akibat dari kecintaan yang sangat adalah manusia akan mempergunakan segala macam cara untuk mencapai tujuannya. Kecintaan terhadap sesuatu sering membuat sang pencinta menjadi buta dan tuli. Oleh karenanya, para khalifah mencari-cari alasan dengan segala macam cara sebagai pembenaran kelayakan mereka sebagai khalifah. Alasan-alasan inilah yang dibantah dengan sangat kuat dan indah oleh Ali bin Abi Thalib. Akan tetapi mereka tetap bersikeras untuk tetap melakukan apa yang sudah mereka rencanakan sebelumnya berhadapan dengan sikap Ali. Dan bila ditanyakan kepada Ali tentang obat paling manjur untuk mengobat penyakit yang telah menghunjam dalam peyimpangannya, beliau pasti akan berkata bahwa obatnya adalah sebagaimana yang disebutkannya secara detil tentang orang yang bertakwa (muttakin) dalam salah satu khotbahnya yang terkenal dengan sebutan khotbah Hammam (nama salah seorang sahabatnya yang bertanya tentang sifat mukmin). Ali menjelaskan rahasia bagaimana orang-orang muttakin bisa sampai kepada derajat kesempurnaan yang demikian karena ketakwaan. Beliau berkata, ‘Allah swt sebagai pencipta agung di mata dan jiwa mereka sementara mereka memandang selain-Nya adalah kecil’. Demikianlah sebuah makrifat hakiki tentang Allah yang menjadi sebab bagaimana dunia bisa rendah dan kecil di mata orang-orang muttakin. Bila dunia telah kecil dan rendah di mata mereka maka dunia tidak bisa menjadi tujuan dan tidak akan dikejar secara sungguh-sungguh untuk dapat memilikinya. Bahkan yang terjadi adalah mereka tidak rakus untuk memiliki dunia sebagaimana Ali bin Abi Thalib tidak tamak akan dunia. Beliau menerima untuk tidak menjadi khalifah ketika Quraisy memaksanya untuk meninggalkan dan berlepas tangan dari kekhalifahan dengan ucapanya, ‘Kekhalifahan telah membuat orang-orang menjadi egois dan jiwa  menjadi kikir  sementara untuk sebagian orang lain jiwa mereka menjadi celaka. Hakim adalah Allah swt dan janji yang disampaikan akan ditemui di hari kiamat’.
Dari sini dalam masyarakat Islam ada dua kelompok akhlak dan moral yang berbeda bahkan saling bertentangan; moral yang dipraktekkan oleh Ali bin Abi Thalib menjauhkan politik machiaveli dan moral yang lain dipraktekkan oleh para khalifah yang meyakini pembenaran capaian tujuan dengan segala macam cara. Tampak bagaimana dalam asalah kekhalifahan Ali lebih memilih zuhd dan meninggalkannya sementara selainnya begitu rakus dan tamak meraih dan merebutnya dari tangan orang yang berhak.

Mengenal Doa dan Munajat Ali

Sebagaimana para imam yang lain, Ali bin Abi Thalib juga memberikan perhatian yang besar tentang doa dan munajat. Tentunya, setelah Al-Quran membuka masalah ini dengan berbicara kepada Rasulullah saw. Allah swt. Berfirman: “Katakanlah, Tuhanku tidak akan mengindahkan kalian bila tidak karena doa yang kalian panjatkan”.

Ali bin Abi Thalib menjelaskan arti-penting doa lewat teks-teks yang diriwayatkan darinya, di samping perilaku beliau sendiri. Ali bin Abi Thalib berkata: “Doa adalah senjata para wali Allah”.
Nahjul Balaghah sendiri memuat doa-doa yang bernilai tinggi di berbagai bidang. Doa-doa Ali a.s. dikumpulkan dalam sebuah kitab yang dikenal dengan nama Shahifah Alawiyah. Di antara doa-doa pilihan adalah doa Kumail, doa Shabah dan munajat Sya’baniyah. Berikut ini beberapa penggalan dari munajat puitis yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib:
Segala puji atas-Mu, wahai pemilik derma, kebesaran dan keluhuran
Berkah-Mu sampai kepada siapa yang diinginkan atau tidak
Tuhanku, penciptaku, pelindungku dan harapan perlindunganku
Aku akan memohon kepada-Mu meski aku sulit atau senang
Tuhan!
Bila dosa-dosaku besar dan banyak
Ampunan-Mu lebih besar dan luas
Tuhan!
Andai kuikuti semua keinginanku
Kini aku di taman penyesalan mengapa kulakukan semua itu?
Tuhan!
Engkau melihat keadaanku, kefakiranku dan kebingunganku
Engkau mendengar munajatku sekalipun kupelankan suaraku
Tuhan!
Jangan Engkau putuskan harapan yang kutambatkan pada-Mu
Jangan biarkan putus asaku karena harapanku hanyalah Engkau
Tuhan!
Bbila Engkau putuskan harapanku dan mengusirku dari-Mu
Kepada siapa kuberharap dan kepada siapa kupinta syafaat
Tuhan!
Bebaskan aku dari azab-Mu karena sesungguhnya
Aku terpenjara dan rendah
Aku tunduk  dan takut kepada-Mu
Tuhan!
Bila Engkau menyiksaku selama ribuan  tahun
Aku tahu bahwa benang harapan dari-Mu tak akan terputus
Tuhanku!
Bila Engkau hanya mengampuni orang-orang baik
Siapa yang akan memaafkan orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya?
Tuhan!
Orang yang merindukan-Mu
Melewatkan  malam-malamnya tanpa tidur
Memohon dan bermunajat hingga pagi lupa melaksanakan salat subuh
Mengenal Sastra Ali
Nahjul Balaghah dan kitab-kitab lainnya yang ditulis untuk melestarikan khazanah intelektual Ali bin Abi Thalib dapat dijumpai secara mudah. Bahkan khazanah ini dikemas dalam bentuk sedemikian puitis tanpa merusak kaidah-kaidah syair Arab. Keindahan dan keunggulan ini membuat orang sadar akan nilai dan pribadi Ali bin Abi Thalib, dalam pidato, surat, kata-kata mutiaranya, dan dalam puisi dan sastra Arab. Tidak berlebihan bila dikatakan, sebagaimana penilaian para ahli sastra, bahwa sastra Ali bin Abi Thalib a.s adalah sastra terbaik yang pernah dikenal oleh sejarah dari sisi kaidah, kedalaman dan pesan-pesan yang dikandungnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari syair Ali bin Abi Thalib dalam beberapa tema, tentunya setelah dapat dipastikan bahwa syair-syiar ini tercatat dalam diwan (koleksium syair) yang dinisbatkan kepadanya. Ini diperkuat oleh sebagian ahli sejarah yang memberikan kesaksian dan mengutip bait-bait syairnya.
Ali bin Abi Thalib a.s. mengucapkan melantunkan syiar untuk mengenang kematian sang ayah tercinta:
Abu Thalib pelindung para penuntut lindungan
Bak hujan curah, bak cahaya di kegelapan
Kepergianmu tlah merusak rantai pelindung
Dari Allah Pemberi nikmat  salawat atasmu
Tuhanmu restui perbuatanmu
Paman terbaik bagi Musthafa
Al-Jahizh Al-Baladzari menuturkan: “Ali bin Abi Thalib adalah sahabat Nabi yang paling pandai dan fasih merangkai syair, orator yang tak tertandingi, dan terutama dalam seni tulis. Pada hari Ghadir Khum, Ali pernah melantunkan syair demikian:
Rasul menolong kami kala  mereka berselisih dan bermusuhan
Kaum muslimin yang sadar kembali padanya
Kami arahkan mereka yang sesat demi hormai Rasul
Kala mereka belum melihat jalan dan petunjuk yang benar
Kala Rasul membawa hidayah, kami semua
Senantiasa menaati Allah, kebenaran dan takwa
Dalam Tadzkirah Al-Khawash, Sibth bin Al-Jauzi meriwayatkan bahwa Ali bin Abi Thalib a.s. bersyair:
Tamak akan dunia memaksa orang untuk mengaturnya
Bagimu kejernihan dunia telah dikeruhkan
Mereka tak temukan rezeki dunia dengan akal
Mereka temukan rezeki dengan takaran
Bahkan dengan kekuatan atau perang
Bak burung pemburu temukan  rezeki burung gereja
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib a.s.:
Penyakitmu ada pada dirimu sendiri, sayang tak sadar
Obatnya pun dari dirimu sendiri, sayang  tak tak peduli
Akankah kau anggap dirimu sebongkah kecil
Kala rahasia alam besar dalam dirimu


Salawat dan salam atasmu, wahai ayah Hasan dan Husein!
Wahai penghulu sastrawan!
Salam atasmu pada hari kelahiran, hari keimanan, hari perjuangan, hari kesabaran, hari ketika engkau menempatkan hukum di atas segala-galanya, hari ketika engkau syahid dengan penuh kesabaran, dan hari ketika engkau dibangkitkan kembali, hari di mana engkau menuntun para pecintamu menuju telaga kautsar sampai surga na’im!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar