Laman

Selasa, 25 Oktober 2011

KEMULIAAN IMAM ALI AS


KEMULIAAN IMAM ALI AS

Sulaim berkata: Abu Dhar, Salman dan al-Miqdad telah memberitahuku hadis, kemudian aku telah mendengarnya pula dari Ali bin AbuThalib as Mereka berkata: "Sesungguhnya seorang lelaki merasa kagum dengan Ali bin Abu Thalib as . Maka Rasulullah Saw. bersabda kepada Ali as: Saudaraku (Ali) adalah kemegahan Arab. Anda adalah sepupuku yang paling mulia, bapa yang paling dihormati, saudara laki-laki yang paling mulia,jiwa yang paling mulia, keturunan yang paling mulia, istri yang paling mulia,mempunyai anak lelaki yang paling mulia, paman di sebelah tua yang palingdihormati, paling sempurna tingkah-lakunya, paling banyak ilmunya, paling fasih membaca al-Qur'an, paling mengetahui sunnah-sunnah Allah, paling berani hatinya, paling pemurah, paling zuhud di dunia, paling menggembeling energi,paling baik budi pekertinya, paling benar lidahnya serta palingmencintai Allah dan aku (Rasul). [1]

Anda akan hidup sesudahku selama tiga puluh tahun. Anda akan melihat kezaliman Quraisy. Kemudian Anda akan berjihad di jalan Allah jika Anda mendapatkan pembantu-pembantu. Anda akan berjihad karena takwil al-Qur'an sebagaimana telah berjihad karena Tanzilnya, Anda akan menentang al-Nakithin, al-Qasitin dan al-Mariqin dari umat ini. Anda akan mati sebagai seorang syahid di mana jenggot akan berlumuran dengan darah dari kepala Anda. Pembunuh Andamenyamai pembunuh al-Naqah (unta betina), dalam kemurkaan Allah dan berjauhandari-Nya. Pembunuh Anda menyamai pembunuh Yahya bin Zakaria dan menyamaiFir'aun yang memiliki Pancang (al-Autad)".

1. Al-Muttaqi al-Hindi, Kanz al-'Ummal, vi, hlm. 157. Abu Nu'aim al-Isfahani, Hilyah al-Auliya', i, hlm. 63. al-Kanjial-Syafi'i, Kifayah al-Talib, hlm.332.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar