Laman

Selasa, 26 April 2011

Asbabun Nuzul Surah Al-Ahzāb : 33


Pensucian Ahlul Bayt as

“Sesungguhnya Allah hendak menghilangkan segala jenis kekotoran darimu wahai Ahlul bayt dan mensucikanmu sesuci-sucinya.”

Berdasarkan riwayat dari Aisyah, Ummu Salamah, Abu Sa’id Al-Khudri dan Anas bin Malik, ayat ini turun hanya untuk lima orang, yaitu Rasulullah SAWW, Ali, Fathimah, Hasan, dan Husein as
Rasulullah SAWW bersabda seraya menunjuk kepada Ali, Fathimah, Hasan, dan Husein as: “Ya Allah, mereka ini adalah Ahlul Baytku, maka peliharalah mereka dari keraguan dan sucikan mereka sesuci-sucinya.”

Banyak hadis lain yang seperti dengan hadis tersebut.
Silahkan rujuk:
Shahih Muslim, kitab Fadhā`ius Shahābah, bab Fadhā`il Ahli Baytin Nabi SAWW, juz 2, hal. 368, cetakan Isa Al-Halabi; juz 15 hal. 194, Syarah An-Nawawi, cetakan Mesir.

Shahih Tirmidzi, juz 5, hal. 30, hadis ke 3258; hal. 328, hadis ke 3875, cetakan Darul Fikr.

Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 5, hal. 25, cetakan Darul Ma’arif, Mesir.

dan masih banyak lagi.

4 komentar:

  1. salam perkenalan...ana pemilik blog taliduabelas.blogspot, dengan konsep kesatuan seperi anta. mungkin kita boleh bertukar2 pandangan, sekiranya anta berminat sila emel ana machiavelli_realism@yahoo.com...

    BalasHapus
  2. salam ukhuwah ya akhifillah. makasi atas ajakan sharing dan tukar pikiran. mohon bimbingannya.

    BalasHapus
  3. bunyi ayatnya kan g cuma itu. koq dpotong cma kalimat yg itu saja ? "dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya"
    kalimat sebelumnya merujuk pd istri2 nabi. itu bs diketahui dari kata ganti ayat yg menunjukkan kata ganti wanita lebih dari 1 orang (ishim dlm bhs arab). apakah logis jika asbabun nuzulnya sperti tulisan di atas ? tdk nyambung dg isi ayatnya

    BalasHapus
  4. alfasina@ ayat diatas sama ayat yg antum maksudkan itu, berbeda turunnya, kalau dikatakan dipotong, silahkan bawa asbabun nuzul menurut anda. ok!

    BalasHapus